16 May 2021, 16:18Kandungan

Menstruasi 2 kali sebulan, dan keluar flek apa penyebnya?

RP
Info Penanya: RP0
Dok izin bertanya,saya haid di bulan april 2kali datang bulan,nah awal bulan mei ini saya mengeluarkan flek coklat sehari lalu yg ketiga harinya flek kehitaman,dan skng haid berwarna merah,itu tanda apa ya dok tolong jelasin,apakah haid saya normal
813 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, RTerima kasih atas pertanyaan AndaMenstruasi normalnya terjadi sekai dalam sebulan dengan siklus menstruasi berkisar 21-35 hari. Perdarahan menstruasi terjadi normal selama 3 - 7 hari dengan darah bisa berupa bercak, gumpalan ataupun cair kekentalan. Warna darah menstruasi normal bisa berwarna kecoklatan, kehitaman ataupun berwarna merah. 

Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan haid terjadi dua kali atau terjadi perdarahan diluar siklus menstruasi adalah:

  • Pengaruh faktor homon pada tubuh wanita
  • Stres, atau karena emosi yang tidak stabil
  • Efek penggunaan KB (alat kontrasepsi)
  • Efek dari konsumsi obat tertentu
  • Adanya infeksi atau penyakit pada organ reproduksi wanita
  • Kelelahan fisik
Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, beberapa kemungkinan penyebab siklus menstruasi Anda seperti yang Anda sampaikan salah satunya bisa dikarenakan oleh pengaruh beberapa faktor yang sudah disebutkan di atas. Sedangkan jika saat ini keluar flek coklat, kehitaman kemudian diikuti dengan keluar darah merah maka kondisi ini bisa juga karena proses menstruasi. Namun, bila keluhan menstruasi yang tidak lancar atau tidak teratur ini disertai dengan keluhan penyerta seperti demam, nyeri perut bawah, keputihan yang berbau dan lain sebagainya, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan agar Anda mendapatkan pengobatan yang sesuai.Usahakan tetap konsumsi makanan bergizi, jaga berat badan Anda tetap ideal, atasi stres, hindari kelelahan, beristirahat dengan cukup dan lakukan olahraga ringan secara rutin agar tubuh tetap sehat. Pastikan juga Anda tetap menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A 
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil