16 May 2021, 07:49Kandungan

Menstruasi terlambat dan keputihan, karena apa?

DD
Info Penanya: DD0
Semlekom dok syaa berumur 13 thn saya sudah 37 hari belom haid yha saya banyak aktivitas dok maaf sebelumnya saya mengeluarkan keputihan terkadang banyak kadang juga sedikitt itupun kental terkadang mencair setelah bangun tdr kepala sering pusing dok tapi maaf saya cuman pegangan tangan dengan laki"itupun cuman satu kali cuman pegangan tangan doang dokk solusinya gmn dokk... Bantu saya dok saya panikkk bangettttt ?.........?.
156 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo D,Keputihan adalah lendir yang keluar dari liang vagina yang fungsinya adalah melembabkan vagina dan mencegah benda asing masuk ke dalam liang vagina. Keputihan yang normal biasanya tidak disertai dengan rasa gatal, tidak berbau menyengat, tidak berwarna kekuningan, kehijauan, maupun kecoklatan, dan tidak menggumpal. Keputihan juga umum bertambah banyak pada masa subur dan juga menjelang haid atau pra menstruasi sindrom (PMS).

Terlambat haid dan keputihan

Untuk keluhan yang Anda ceritakan dapat saya simpulkan bahwa keputihan ini masih termasuk keputihan normal. Selain itu di usia pubertas, terlambat haid merupakan hal yang sangat wajar terjadi karena hormon saat pubertas memang belum tentu dapat selalu seimbang dan adanya haid yang tidak teratur adalah efek yang sangat normal dari perubahan hormon tersebut. Untuk sementara yang dapat Anda lakukan adalah
  • tingkatkan frekuensi membersihkan kemaluan
  • lakukan pembersihan dengan cara yang benar yaitu depan ke belakang
  • lebih sering mengganti pakaian dalam jika sudah terkena cairan keputihan
  • rutin berolahraga agar siklus hormon lebih stabil
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
siklus haidkeputihangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil