05 May 2021, 23:55Kandungan

Telat haid disertai nyeri perut bawah, apakah hamil?

LS
Info Penanya: LS0
Dok saya mau bertanya, sebelumnya saya haid tanggal 25 maret sekarang udah tanggal 5 mei belum haid juga. sebelumnya melakukan hubungan intim tidak menggunakan alat kontrapersi tapi tidak didalam, dan setelah dicek menggunakan test pack dua kali hasil tetap negatif. dan saya ingat dulu juga pernah haid telat 2 minggu dari tanggal biasanya tapi akhirnya haid juga, cuma skrg bagai mana ya. saya sering sakit perut bagian bawah sama pinggang, keputihan berwarna putih bening kadang kekuningan juga
1281 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, L.Saat Anda berhubungan seksual dengan pasagan, walau ejakulasi dilakukan tidak di dalam vagina, maka kemungkinan kehamilan tetap ada. Sperma juga terdapat di dalam cairan mani yang keluar sebelum ejakulasi berlangsung. Walau jumlah sperma di dalam air mani tidak terlalu banyak, tetap dapat menyebabkan kehamilan terutama jika wanita sedang dalam masa subur.

Apa yang menyebabkan telat haid dan sakit perut bawah ?

Anda yang telat datang bulan dimana sebelumya berhubungan seksual tanpa alat kontrasepsi, telat datang bulan disertai nyeri perut bawah, pinggang, serta keputihan yang bening dapat disebabkan oleh kehamian.Test pack yang menunjukkan hasil negatif dapat terjadi karena cara pemeriksaan test pack yang salah, waktu pemeriksan tidak tepat di pagi hari, alat kurang sensitif, urin terlalu sedikit, atau hormon kehamilan belum meningkat sehingga tidak terdeteksi. Anda dapat memastikan kehamilan dengan test pack kembali setelah 1 minggu kemudian. Pastikan alat tets pack baik, dan lakukan pemeriksaan test pack dengan cara yang ebnar.Selain karena kehamilan, telat haid yang Anda alami bisa disebabkan oleh beberapa faktor berikut :
  • Siklus haid terlambat atau memanjang.
  • Tubuh dalam keadaan tidak fit dan mood tidak stabil.
  • Sedang stress.
  • Mempunyai berat badan yang kurus atau berlebih.
  • Gangguan ovulasi.
Jika hasil test pack masih negatif namun keluhan telat haid dan nyeri perut berlanjut, lakukan USG di dokter spesialis kandungan ya. Anda juga dapat konsultasi mengenai KB yang bisa dipilih jika Anda dalam kondisi tidak hamil dan ingin menunda kehamilan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
tes kehamilangangguan menstruasicara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil