24 Mar 2021, 13:07Kandungan

Menstruasi dan melakukan seks, apa bisa hamil?

SH
Info Penanya: SH0
Saya ingin bertanya pasangan saya sudah mengeluarkan flek tanda mens tapi saat malamnya kita berhubungan tapi ejakulasi diluar apakah itu beresiko hamil atau tidak Terus dok, sudah 2hari pasangan saya belum mens juga padahal 1hari itu sudh keluar flek
108 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, STerima kasih atas pertanyaan AndaSiklus menstruasi normal wanita berkisar 21 hari  hingga 35 hari. Menstruasi yang normal terjadi selama 3 - 7 hari dengan perdarahan bsia berupa flek, gumpalan atau cair kekenatalan. Selain itu warna darah menstruasi yang normal bisa kecoklatan, merah, merah gelap atau bahkan merah kehitaman. Melakukan hubungan seksual ketika wanita sedang dalam masa subur mempunyai peluang besar untuk terjadi kehamilan. Meskipun demikian, melakukan hubungan seksual saat sedang haid atau bahkan diluar masa subur wanita tetap ada peluang kecil untuk terjadi kehamilan selama ada sperma yang berhasil masuk dan membuahi sel telur wanita. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika dilakukan hubungan seksual dengan pria melakukan ejakulasi di luar dan dipastikan tidak ada cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma berhasil masuk, maka tidak menyebabkan kehamilan. Tetapi jika ada cairan pra ejakulasi yang mengandung sperma berhasil masuk, maka tetap ada peluang kecil untuk terjadi kehamilan.

Sedangkan, terkait dengan menstruasi yang tidak lancar salah satunya bisa disebabkan karena:

  • Kondisi kesehatan organ reproduksi
  • Pengaruh hormonal dalam tubuh
  • Efek samping KB
  • Stres, cemas, atau keadaan psikologis lain
  • Obesitas
  • PCOS
Untuk itu, hindarilah seks bebas, konsumsi makanan bergizi, jaga kebersihan organ reporuksi, hindair kelelahan, olahraga ringan, jaga berat badan tetap ideal agar siklus menstruasi tetap lancar. Lakukan tes kehamilan untuk memastikan jika siklus haid mengalami keterlambatan dan lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan bila keluhan belum membaik.Semoga bermanfaatt.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
siklus haidhubungan sekssekshaid
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil