07 Mar 2021, 12:18Kandungan

Kenapa belum haid?

I
Info Penanya: I0
selamat siang dok saya mau bertanya,bulan febuary kemarin saya datang bulan tgl 7 dan saya berhubungan intim tapi gak pernah keluar dalam,tapi kok bulan ini saya belum datang bulan juga ia dok
241 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat malam I,Pada wanita sering sekali muncul pertanyaan kenapa belum haid? Kenapa haidnya terlambat? Apakah sedang hamil atau sakit apa? Pertanyaan tersebut sangat umum dan sering sekali ditanyakan karena kebanyakan orang akan beranggapan bahwa siklus haid akan selalu sama setiap bulannya untuk seumur hidup, sehingga adanya sedikit pergeseran jadwal haid akan menimbulkan kecemasan. Kecemasan tersebut akan semakin bertambah bila ada riwayat berhubungan seksual atau petting karena ditakutkan penyebab terlambat haidnya karena sedang hamil. Padahal banyak faktor lain yang menyebabkan wanita terlambat haid.

Penyebab wanita terlambat haid:

  • Sedang hamil. Kehamilan bisa terjadi bila Anda berhubungan seksual di masa subur meski ejakulasi dilakukan di luar vagina. Karena cairan pra ejakulasi juga sudah mengandung sperma sehingga bila penis masuk ke dalam vagina tetap ada kemungkinan sperma tertinggal di dalam vagina.
  • Kelelahan.
  • Perubahan berat badan. Karena menginginkan berat badan seideal mungkin sehingga seringkali wanita melakukan diet secara ekstrim dan hal ini yang menyebabkan gangguan hormon termasuk mengganggu siklus haidnya.
  • Sedang banyak pikiran.
Berapa hari sekali siklus haid Anda? Bila dianggap Anda memiliki siklus haid 28 hari sekali dan HPHT di tanggal 7 Februari maka seharusnya Anda akan haid kembali di tanggal 7 Maret. Sedangkan hari ini baru tanggal 7 Maret sehingga tidak bisa dikatakan Anda terlambat haid. Besok baru dianggap Anda terlambat haid hari pertama. Dan Anda perlu melakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid.

Bila hasilnya negatif maka jalankan pola hidup sehat agar haidnya lancar dengan cara:

  • Rutin olahraga ringan seperti jogging, berenang, bersepeda atau lompat tali.
  • Banyak makan sayur dan buah.
  • Minum air minimal 2 liter dalam sehari.
  • Jangan bergadang dan tidur minimal 8 jam setiap harinya.
  • Jangan stres.
Gunakan KB bila Anda tidak siap hamil atau gunakan kondom ketika berhubungan seksual untuk mencegah kehamilan, sehingga Anda bisa lebih tenang ketika berhubungan seksual dan tidak stres terjadi kehamilan yang tidak diinginkan.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil