05 Mar 2021, 19:22Kandungan

Apa yang menyebabkan telat haid 2 hari, apakah kehamilan ?

LS
Info Penanya: LS, Wanita, 31 Tahun
dok anak saya umur 10 bulan... bulan febuari kemarin saya haid.... bulan ini dah mundur 2 hari dok... kira kira kenapa ya dok... mohon penjelasannya....!
157 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, L.Memiliki anak yang masih kecil terutama mengkonsumsi ASI membuat ibu lalai dalam menggunakan alat kontrasepsi. Ibu merasa menyusui merupakan cara KB alami yang dapat dilakukan. Padahal itu merupakan pernyataan yang salah, karena jika wanita sudah mengalami ovulasi terlebih ditandai dengan datangnya menstruasi maka kemungkinan kehamilan dapat terjadi. 

Apa yang menyebabkan telat haid 2 hari, apakah kehamilan ?

Penyebab telat haid 2 hari baik pada ibu menyusui atau tidak salah satunya karena kehamilan. Kehamilan juga dapat ditandai dengan perubahan hormon tubuh sehingga emosi ibu menjadi tidak stabil, rasa ingin terus berkemih, timbul flek kecoklatan serta keram perut, mual dan muntah terutama pada pagi hari, rasa kencang di payudara. Selain karena kehamilan, telat haid selama 2 hari yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya :
  • Siklus haid yang memanjang karena faktor kelelahan, stress maupun berat badan berlebih atau kurang.
  • Proses menyusui bayi.
  • Penyakit polycistic ovarium sindrome (PCOS).
  • Hormon tiroid terganggu.
Untuk mengetahui penyebab telat haid yang terjadi, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan urin di pagi hari menggunakan test pack. Test pack dapat diulang jika hasil masih negatif selama 2 minggu pasca telat haid. Jika haid tidak kunjung datang, dengan atau tanpa tanda awal terjadinya kehamilan, segera lakukan USG di dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil