17 Feb 2021, 09:59Penyakit Lainnya

Menstruasi maju apakah pengaruhi promil?

MP
Info Penanya: MP0
Dok, saya mau tanya bulan Januari haid saya di tanggal 23 tapi dibulan feb ini haid saya di tanggal 15, apakah itu normal? Saya sedang melakukan promil. Apakan bisa berpotensi hamil jika tanggal haid saya selalu maju?
812 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam MPSiklus haid yang terkadang maju atau mundur merupakan hal yang wajar karena jumlah hari di setiap bulan yang berbeda-beda dan dipengaruhi dari keseimbangan hormon dan faktor lainnya. Siklus haid yang masih dianggap normal itu 21-35 hari dihitung sejak hari pertama haid terakhir.

Menentukan Masa Subur Untuk Promil

Bila haid terkahir anda tanggal 23 Januari dan haid berikutnya tanggal 15 Februari berarti panjang siklus haid anda 24 hari dan masih termasuk dalam rentang normal. Siklus haid yang tidak normal apabila terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.Anda tidak perlu khawatir karena anda masih bisa melakukan promil. Anda masih bisa membuat kalender masa subur wlaupun siklus haid tidak teratur. Hitung panjang siklus anda setiap bulannya dan tarik rata-ratanya, dengan begitu anda dapat menentukan perkiraan masa subur anda.Lakukan hubungan intim bersama suami 2 hari sebelum, saat masa subur dan 2 hari setelah masa subur. Konsumsi pula asam folat 400mcg perhari untuk kesehatan rahim 3-6 bulan sebelum merencanakan kehamilan dan selama kehamilan untuk mencegah kecacatan bayi.Anda bersama-sama suami juga bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter spesialis kandungan untuk melakukan program kehamilan. Penting untuk memeriksakan kesehatan organ reproduksi anda dan kualitas sperma suami anda agar promil dapat sukses.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
siklus haidkehamilanmerencanakan kehamilangangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil