14 Feb 2021, 15:34Kandungan

Apa yang menyebabkan siklus tidak teratur di menstruasi pertama ?

AM
Info Penanya: AM0
Dok, saya mau tanya,? Ank saya usia nya 11 thn, bln November kemarin dia pertama kali menstruasi,trs pd bulan Desember tdk menstruasi, kemudian di bln Januari menstruasi tgl 15,tgl 1 Febuari menstruasi,hri ini tgl 14 Febuari menstruasi lg, gimana Dok,minta solusinya ,,???
292 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, A.Ibu yang mempunyai anak gadis beranjak remaja akan merasa cemas terutama saat pertama kali anak mengalami menstruasi. Ibu binggung apa yang arus dilakukan, apa yang harus dipersiapkan dan apa yang harus dijelaskan ke anak, terlebih siklus menstruasi anak yang belum teratur di awal menstruasi berlangsung. Menstruasi pertama pada anak wanita disebut dengan menarche.

Apa yang menyebabkan siklus tidak teratur di menstruasi pertama ?

Siklus menstruasi pertama pada anak wanita kadang tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh hormon esterogen dan progesteron pada tubuh anak yang belum stabil, pengeluaran sel telur dari ovarium yang tidak pasti setiap bulan, kadang terlalu cepat sehingga anak menstruasi 2 kali dalam satu bulan, atau kadang lebih lama, dimana anak menjadi tidak menstruasi. Hal ini juga dapat disebabkan oleh berat badan anak yang tidak ideal, anak dalam kondisi lelah dan stress, serta penyakit penyerta yang ada misalnya hipotiroid dan polikistik ovarium sindrome.Ibu tidak perlu cemas, namun tetap jelaskan kepada anak fase menstruasi dan gejala menjelang menstruasi. Kompres hangat pada perut anak jika terasa nyeri, suruh anak ganti pembalut setiap 4 jam, berikan makanan yang bergizi terutama tinggi zat besi saat menstruasi. Jaga dan terapkan pola hidup sehat agar anak memiliki imun dan berat badan yang ideal. Jika menstruasi makin tidak teratur bahkan tidak menstruasi dalam waktu yang lama, menstruasi dalam jumlah yang banyak, lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
kram menstruasigangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil