12 Feb 2021, 19:18Kandungan

Bagaimana haid yang normal?

WH
Info Penanya: WH0
Dok bbrp bln yg lalu saya tdk haid satu bulan ssdh itu saya haid namun 3 bulan haid blkngan ini cair sesekali keluar cairan lendir putih gt dok skrg saya lagi haid dan sudah hari akhir haid namun saya td lihat kalo ada darah merah terang keluar dok dan masih cair tidak menggumpal seperti sblm sblmnya dok itu knp ya dok apakah bahaya? Dan apakah haid cair itu normal di usia 14 th dok?
287 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, WTerima kasih atas pertanyaan AndaHaid atau menstruasi adalah keluarnaya darah yang terjadi secara rutin pada wanita dimulai sejak masa pubertas. Siklus haid normal adalah 21 hari - 35 hari yang dihitung sejak hari pertama haid terakhir hingga hari pertama haid pada periode haid berikutnya. Lamanya proses haid terjadi secara normal berkisar 3- 7 hari. Perdarahan haid yang normal berwarna merah, merah kecoklatan atau bahkan kehitaman dengan konsistensi yang beragam, yaitu cair, cair kekentalan atau bahkan gumpalan. Perlu diketahui bawah terjadinya haid karena peranan hormon tubuh wanita dan juga organ reproduksi wanita. Sehingga, beberapa hal yang bisa mempengaruhi siklus haid diantaranya adalah:
  • Stres, emosi yang tidak stabil
  • Kelelahan fisik
  • Berat badan yang tidak ideal
  • Gangguan hormonal
  • Gangguan kesehatan organ reproduksi
Beberapa hal yang telah disebutkan di atas bisa mempengaruhi haid. Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, selama siklus haid Anda berkisar pada 21- 35 hari, dan lamanya haid berlangsung 3-7 hari, maka keadaan yang normal. Tapi jika siklus haidnya lebih dari 35 hari, maka tidak normal. Keluar darah haid berupa cair pun merupakan kondisi yang normal. Sedangkan, adanya keputihan atau lendir bisa terjadi karena beberapa kodisi, mulai dari gangguan hormon, atau bahkan karena adanya infeksi pada organ reproduksi. Untuk itu, apabila kondisi ini terjadi berulang, lakukanlah pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk memastikan penyebab dan mendapatkan pengobatan. Tetap jaga keberishan dan kesehatan organ intim, hindari stres dan kelelahan, lakukan istirahat cukup, konsumsi makanan sehat bergizi, dan olahraga ringan dengan rutin.Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dwiana A
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil