06 Dec 2020, 17:07Penyakit Lainnya

Penyebab telat haid namun timbul flek kecoklatan dari vagina

I
Info Penanya: I0
Dok saya wanita berumur 27 tahun dan belum menikah, saya mau bertanya dok, bulan lalu saya tidak mengalami menstruasi dan bulan ini bberpa hri yg lalu saya mengalami flek, besok paginya saya mengalami flek lagi, saya fikir bakal menstrusi ternyata smpe hari ini saya tidak mengalami menstruasi, itu kenapa dok ?
485 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Hallo I,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Keluhan keluar flek banyak sekali dialami oleh wanita, baik yang sudah menikah atau belum. Flek dapat berupa darah berwarna kecoklatan berjumlah sedikit yang menempel di pakaian dalam. Flek kecoklatan ini juga dapat diikuti oleh rasa tidak nyaman di perut, keram perut, rasa gatal di vagina, atau keluar bau yang tidak enak dari vagina.

Penyebab telat haid namun timbul flek kecoklatan dari vagina

Penyebab telat haid namun timbul flek kecoklatan dari vagina antara lain :
  • Proses kehamilan dan menyusui
  • Penggunaan alat kontrasepsi dalam rahum (AKDR)
  • Penggunaan KB yang mengandung hormon
  • Stress dan kelelahan fisik yang tidak dikelola dengan baik
  • Gangguan siklus menstruasi
  • Gangguan hormon karena BB yang tidak ideal
  • Keputihan yang disertai infeksi dan darah 
  • Tanda premenstruasi syndrome (PMS)
Jika Anda belum menikah dan belum melakukan hubungan seksual secara aktif, maka kemungkinan flek kecoklatan karena kehamilan dapat disingkirkan. Anda dapat mencari tahu penyebab lainnya agar bisa diatasi dengan baik. Jangan lupa untuk terus menerapkan hidup yang sehat dengan menjaga BB ideal, tidak merokok, atau terpapar asap rokok, kelola stress dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, hindari makanan cepat saji dan minuman serta makanan manis serta menjaga kebersihan organ intim.Jika keluhan tidak datang bulan terus berlanjut diikuti flek kecoklatan yang terasa nyeri pada perut, dapat diikuti keputihan dengan rasa gatal dan berbau, nyeri BAK, serta demam, Anda dapat segera ke dokter kandungan untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat, dan semoga selalu sehat."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
kehamilanibu menyusuikontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil