26 Nov 2020, 17:01Kandungan

Apakah anal seks dapat menyebabkan hamil?

BR
Info Penanya: BR0
Sore dok, Saya perempuan usia 25 tahun, saya sblmnya sempat melakukan anal sex tetapi dikeluarin di luar, terus saat ini saya sudah terlambat haid 17 hari dan saat di test pun hasilnya negatif, riwayat sebelumnya saya memang terkadang menstruasi tidak teratur dan sekarang saya bertambah berat badan sblm melakukan anal sex itu, apakah ini gejala kehamilan atau kah ada yg bermasalah dengan mis V saya? Terimakasih
756 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Selamat sore BR,Saya akan mencoba membantu menjawab pertanyaan Anda.Anal seks adalah salah satu cara untuk mencapai kepuasan seks melalui anus. Anal seks ini banyak dilakukan pasangan ketika tidak ingin terjadi kehamilan. Namun, efek dari anal seks dapat lebih banyak dibandingkan penetrasi melalui vagina.

Efek dari anal seks

Beberapa efek dari anal seks yaitu :
  • Risiko penyakit menular seksual (PMS) semakin tinggi seperti HIV
  • Luka pada anus. Anus tempat berkumpulnya bakteri. Jika terjadi luka, maka bakteri dapat masuk dan menyebabkan infeksi.
  • Rusaknya saraf anus sehingga meningkatkan risiko terjadi gangguan pencernaan seperti sembelit.
  • Mencetuskan kanker anus.
  • Terbentuk fistula. Fistula adalah jaringan parut yang terbentuk saat anus mengalami luka. Fistula ini dapat menyebabkan BAB susah keluar. BAB yang tertahan di anus juga dapat menyebabkan sumber infeksi.
Jika anak seks yang Anda lakukan diikuti pengeluaran sperma di dekat liang vagina, maka sperma dapat masuk ke vagina. Ini dapat menyebabkan kehamilan walau kemungkinnya kecil. Apalagi jika dilakukan saat Anda sedang dalam masa subur dan tanpa pengaman seperti kondom wanita maupun kondom pria.

Penyebab telat haid

Penyebab telat haid yang Anda alami bisa karena gangguan siklus menstruasi, penggunaan alat kontrasepsi seperti pil KB, KB suntik, implan, ataupun disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon karena gangguan atau masalah di tiroid (kelenjar gondok), kelebihan atau kekurangan berat badan. Telat haid juga dapat disebabkan oleh stress dan kelelahan fisik yang tidak diatasi dengan baik.Jika keluhan tidak haid Anda masih dirasakan, Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat."Salam sehat,dr.Lidya Hapsari."
hivhormon tiroidkanker rahim
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil