19 Oct 2020, 19:00Perut

Kenapa haid selalu mundur?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok, menstruasi saya tiap bulan kan tidak teratur Pasti tiap bulan telat seminggu. Tapi bulan ini saya sudah telat 2 minggu, itu bagaimana ya dok? Apakah bahaya?
296 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat siang D,Sering terjadi kesalahpahaman kenapa siklus haid tanggalnya mundur terus. Seharusnya yang dihitung adalah jarak harinya, bukan berpatokan pada tanggalnya. Bila Anda memiliki siklus haid 35 hari sekali maka tentu saja tanggalnya akan semakin mundur, dan hal tersebut bukan terlambat haid namun siklus haidnya yang panjang. Jadi Anda harus rutin mencatat tanggal haid setiap bulannya dan menghitung berapa hari jarak haid antar bulannya. Dan siklus haid dianggap normal bila masih dalam rentang waktu 21-35 hari sekali.Bila Anda menganggap sudah telat haid selama 2 minggu, maka Anda perlu melakukan tes pack bila sebelumnya ada riwayat melakukan hubungan seksual. Namun bila tidak ada riwayat berhubungan seksual, maka terlambat haid yang Anda alami bisa disebabkan oleh faktor kelelahan, sedang banyak pikiran, penurunan berat badan yang drastis misal sedang diet, adanya penyakit PCOS, dll.

Bila hasilnya negatif maka jalankan tips melancarkan haid berikut ini:

  • Banyak makan sayur hijau, brokoli, alpukat.
  • Minum air putih yang banyak minimal 8 gelas setiap hari.
  • Rutin olahraga sekitar 3-5 kali dalam 1 minggu.
  • Tidak bergadang dan tidur minimal 8 jam setiap hari.
  • Cari kegiatan yang menyenangkan untuk refreshing agar tidak stres.
Bila siklus haid Anda lebih dari 35 hari atau sering tidak teratur, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk USG ya. Karena bila siklus haidnya tidak teratur maka akan lebih sulit hamil.Salam sehat,dr. Vina
siklus haidgangguan menstruasipcos
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil