06 Oct 2020, 18:02Kandungan

Flek setelah menstruasi berkepanjangan, normalkah?

CA
Info Penanya: CA0
Halo dokter. Saya umur 23 tahun perempuan, saya sempat mens selama 24 hari dan sudah di periksa ke dokter. Sudah USG dan hasil normal. Diberi terapi hormon pakai obat Norelut selama 10 hari. Setelah konsumsi satu hari menstruasi saya berhenti. Tp di hari ke lima muncul flek coklat seperti pasta tp tidak berbau. Tp tidak ada darah yg keluar, dan fleknya hanya keluar sekali saja. Apakah itu normal ?
689 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat malam, CA.Flek darah yang timbul setelah menstruasi berkepanjangan bukan hal yang normal, namun merupakan kondisi yang umum terjadi. Pasalnya, kondisi hormon tubuh Anda saat ini kemungkinan belum seimbang, sehingga flek dan perdarahan di luar masa menstruasi masih bisa terjadi.Untuk itu, ada baiknya Anda melakukan pola hidup sehat agar keseimbangan hormon senantiasa terjaga, dengan cara:
  • Memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang bervariasi
  • Melakukan olahraga rutin 3-4 kali per minggu, dengan durasi minimal 30 menit per sesi
  • Tidur cukup 7-9 jam per hari
  • Kelola stres dengan rutin yoga dan meditasi
  • Hindari konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan
Lalu, Anda juga disarankan mencatat jadwal menstruasi Anda. Dengan mencatat, Anda dapat menganalisis apakah siklus menstruasi Anda sudah teratur atau belum. Usahakan juga untuk menjaga kebersihan vagina, karena flek tersebut juga mungkin disebabkan oleh keputihan abnormal, yang bisa dipicu oleh kondisi vagina yang terlalu lembab.Untuk informasi lebih lanjut, konsultasikan secara langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
gangguan menstruasiflek kecoklatanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil