04 Oct 2020, 00:00Kandungan

Menstruasi setelah berhubungan seksual apakah itu darah haid?

KP
Info Penanya: KP0
Jika saya berhubungan intim dan melakukan ejakulasi di luar vagina pada tgl 30 Agustus dan 2 hari setelah berhubungan saya langsung haid pada tgl 1 September, darah haid normal seperti biasa.. Dan saat bulan Oktober saya keluar darah yang tercampur dengan keputihan .. dan setelah itu tidak keluar lagi darahnya .. pas malamnya keluar lagi hanya kecoklatan saja .. Apakah itu darah haid
705 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang KP,Berhubungan seksual tanpa menggunakan pengaman walaupun dilakukan dengan ejakulasi diluar vagina tetap memiliki kemungkinan terjadinya kehamilan. Tetapi apabila setelah berhubungan terjadi menstruasi maka menandakan tidak terjadi kehamilan.Apabila setelah menstruasi selesai kembali melakukan hubungan seksual dan bulan oktober belum haid atau hanya keluar bercak darah saja dan berlangsung singkat, maka perlu dilakukan pemeriksaan tes kehamilan menggunakan testpack.Perdarahan tersebut bisa merupakan menstruasi tetapi kurang lancar ataupun flek cokelat. Beberapa penyebab flek cokelat sendiri diantaranya adalah:
  • Tanda kehamilan
  • Tanda masa subur
  • Peradangan vagina
  • Adanya gangguan organ reproduksi seperti polip
  • Endometriosis
  • Mioma uteri atau tumor jinak di rahim
  • Infeksi saluran reproduksi
  • Efek kontrasepsi

Cara melancarkan haid

Apabila hasil pemeriksaan testpack negatif tetapi haid tidak lancar, bisa coba diperhatikan di siklus berikutnya. Jika tetap tidak lancar maka perlu memperbaiki kesehariannya agar menstruasi bisa lancar dan juga bisa memeriksakan diri pada dokter untuk memastikan apa penyebabnya.Anda bisa memperbaiki gaya hidup seperti menjaga pola istirahat dan cukup tidur, mengelola stres dengan baik, olahraga secara teratur, dan juga bisa mengonsumsi beberapa bahan alami untuk membantu melancarkan haid. Dan jika memang belum ingin hamil maka sebaiknya bisa menggunakan kontrasepsi seperti pil KB ataupun kondom. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
hubungan seksmenstruasites kehamilanflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil