Mengapa setiap kali haid nafsu makan turun dan perut perih ?

AA Info Penanya: AA, Wanita, 20 Tahun
Kenapa setiap kali haid nafsu makan turun drastis banget, padahal biasanya biasa aja malah makan mulu, terus kalo makan perut ikut tambah perih gitu dok. Solusi nya apa ya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, AA.

Saat menjelang haid terdapat berbagai gejala yang dikenal dengan sebutan PMS atau sindroma pramenstrual. Gejala-gejala tersebut dapat meliputi rasa kembung pada perut, nyeri payudara, sakit kepala dan persendian hingga pembengkakan pada anggita tubuh. Sedangkan pada saat haid sendiri terdapat keadaan dismenorea, atau nyeri haid yang umumnya ditandai dengan adanya rada kram atau berdenyut pada perut bagian bawah, yang dapat disertai dengan keluhan mual, pusing hingga BAB cair.

Mengenai keadaan yang Anda alami, dapat merupakan sindroma pramenstrual atau berupa dismenore, jika kerap berhubungan dengan siklus atau periode menstruasi. Perlu lebih lanjut Anda perhatikan, karena jika terjadi juga diluar periode mesntruasi, penyebab utama yang mendasari keadaan tersebut mungkin bukan dipicu oleh keadaan hormonal yang berhubungan dengan siklus menstruasi, melainkan gangguan pada saluran pencernaan seperti maag atau gastritis.

Adapun berbagai gejala dari gastritis yang meliputi :

  • Nyeri ulu hati
  • Tidak selera makan
  • Sakit perut
  • Cepat kenyang waktu makan
  • Mual dan muntah
  • Perasaan begah terutama setelah makan
  • Cegukan
  • dan lain-lainnya

Untuk memastikan keadaan yang Anda alami, ada baiknya untuk memeriksakan diri lebih lanjut pada dokter terdekat. Sementara Anda dapat mencoba mengatasi keluhan yang dialami dengan mengonsumsi obat golongan antasida 30 menit hingga 1 jam sebelum makan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada beberapa pilihan obat sakit perut anak sesuai dengan gejala dan penyebabnya

Obat Sakit Perut Anak yang Efektif Sesuai Gejala dan Penyebabnya

Saat anak mengalami sakit perut, umumnya orangtua akan memberinya obat sakit perut anak. Namun, sebaiknya Anda kenali gejala dan penyebab terlebih dahulu, agar dapat memilih obat sakit perut anak yang tepat.