Perdarahan setelah berhubungan, padahal tidak haid

IP Info Penanya: IP, Wanita, 25 Tahun
Dok saya tgl 2 sep- 6sep haid, biasanya siklus haid saya 7 hari. . Kenapa 5 hari sudah berhenti haid dan sudah bersih, kemudian saya melakukan hubungan suami istri, knpa disaat berhubungan malah berdarah ya dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, IP.

Perdarahan yang terjadi setelah berhubungan intim bisa memicu rasa kekhawatiran, apalagi ketika perdarahan tersebut terjadi bukan saat haid. Kondisi ini sering disebut sebagai post coital bleeding, dimana bisa terjadi karena berbagai penyebab.

Beberapa penyebabnya adalah:

  • Penetrasi yang terlalu dalam atau gesekan yang terlalu kencang, sehingga menimbulkan luka
  • Robekan selaput dara (apabila baru beberapa kali melakukan hubungan intim)
  • Polip serviks
  • Kista pada liang vagina
  • Infeksi pada vagina, yang menimbulkan keputihan berwarna cokelat serupa bercak darah
  • Perdarahan di luar masa menstruasi karena ketidakseimbangan hormon, yang dipicu oleh stres, kelelahan, gangguan tiroid, obesitas, dan lain-lain

Apabila bercak darah hanya keluar sesaat dan berhenti setelahnya, Anda dapat memantau terlebih dahulu kondisi ini. Anda diizinkan untuk mencoba berhubungan intim lagi beberapa hari setelahnya. Apabila darah tersebut tidak timbul kembali, maka tidak usah khawatir, ya.

Akan tetapi, apabila saat mencoba berhubungan darah timbul kembali, atau malah keluar secara deras sejak awal, Anda dapat berkonsultasi secara lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan, misalnya inspekulo atau USG. Dari hasil pemeriksaan, dokter akan memberikan terapi yang sesuai, baik berupa obat-obatan atau tindakan. 

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

BDSM adalah salah satu imajinasi seksual yang sering dibayangkan pria

Imajinasi Pria Lebih Liar Daripada Wanita, Benarkah?

Imajinasi pria dan wanita mengenai hal-hal yang berbau seksual tampaknya berbeda. Pria cenderung memiliki fantasi seksual yang lebih besar daripada wanita. Akan tetapi, keduanya juga memiliki beberapa persamaan dalam tema yang diimajinasikan, misalnya, seks yang romantis dan berfantasi melakukan hubungan intim dengan banyak orang.