Telat menstruasi, karena hamil atau hal lain ?

BR Info Penanya: BR, Wanita
Hallo dok saya mau nanya , saya bln 7 tgl 28 kemaren menstruasi dan selesai tgl 10 bln 8 flek" nya baru bersih selesai trus sekitar tgl 13 saya berhubungan sex dok tapi sperma nya di keluarin di luar semua dok , dan sampai sekarang saya blom menstruasi lagi tapi saya tespek hasil nya negatif dok apakah seperma keluar di luar bisa menyebab kan kehamilan atau karna hal lain yang bikin telat menstruasi dok mohon di jawab??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, BR.

Telat menstruasi adalah keadaan yang bisa dipicu oleh berbagai faktor yang umumnya berhubungan dengan hormon pengatur siklus haid. Adapun berbagai kondisi medis yang juga dapat memicu keadaan telat atau tidak haid seperti kehamilan.

Ada pula faktor-faktor lainnya yang meliputi :

  • berat badan tidak normal seperti obesitas atau sebaliknya, sangat kurang
  • tidak berolah raga sama sekali atau terlalu banyak berolahraga seperti atlet
  • kelelahan
  • pola makan yang tidak sehat dan gangguan pola makan seperti bulimia 
  • stres, kecemasan dan kondisi emosional yang sedang tidak stabil lainnya
  • penggunaan dan konsumsi obat tertentu 
  • penyakit tertentu seperti PCOS, gangguan pada kelenjar tiroid dan lain-lainnya

Terkait dengan keluhan telat menstruasi yang Anda alami, disertai riwayat berhubungan dengan pengeluaran sperma (ejakulasi) di luar, umumnya tidak dapat mencegah kehamilan sepenuhnya. Hal tersebut terjadi karena masih mungkin terdapat sel sperma pada cairan yang dapat dikeluarkan tanpa disadari sebelum ejakulasi. Cairan tersebut dikenal dengan istilah cairan pra-ejakulasi.

Oleh karena itu, untuk memastikan, ada baiknya Anda melakukan test pack ulang satu minggu setelh test pack yang pertama dilakukan. Hal tersebut dimaksudkan untuk memberikan waktu pada hormon kehamilan agar meningkat secara signifikan sehingga dapat terdeteksi oleh test pack, jika benar terlah terjadi kehamilan.

Jika hasil test pack selanjutnya masih negatif, mungkin telah haid yang Anda alami dipicu oleh faktor lainnya yang telah dipaparkan diatas. Cobalah melakukan olahraga yoga seminggu tiga kali untuk membantu melancarkan haid. Apabila dalam satu bulan selanjutnya haid masih kunjung tidak datang, periksakanlah ke dokter Spesialis Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Tes NIPT dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom pada janin

Tes NIPT Saat Hamil untuk Deteksi Kelainan Janin, Perlukah?

Tes NIPT (Non-invasive prenatal testing) adalah pemeriksaan untuk memeriksa kelainan kromosom tertentu pada janin. Tes ini bisa dilakukan di usia kehamilan 10 minggu.