Kembali menggunakan pil KB lalu telat haid 2 bulan, karena apa ?

RK Info Penanya: RK, Wanita, 19 Tahun
Halo dok saya mau tanya, saya punya anak baru usia 5 bulan lebih, dulunya pake pil KB tiap hari mens jadi berhenti sebentar, setelah berhenti, mens nya juga berhenti, jadi saya lanjut pake pil KB lagi, setelah pake pil KB lagi kok gak pernah mens ya dok udah telat 2 bulan terakhir ini, gimana dok saya takut banget ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, RK.

Gangguan haid merupakan keadaan yang dapat terjadi akibat penggunaan alat kontrasepsi hormonal. Pasalnya alat kontrasepsi hormonal berkerja dengan cara mengubah hormon hingga sedemikian rupa agar dapat menekan peluang kehamilan. Sedangkan di sisi lain, hal tersebut dapat berdampak pada gangguan keseimbangan hormon pengatur siklus haid itu sendiri.

Beberapa gejala gangguan haid yang dialami umumnya dapat beragam, yakni :

  • keadaan tidak haid (amenore)
  • keterlambatan haid
  • siklus haid tidak teratur dan perdarahan diluar haid (metroragia)
  • haid berlebih, baik volume darah maupun durasi haid yang memanjang (menoragia)
  • nyeri haid (dismenore)
  • dan gangguan lainnya

Mengenai keadaan telat haid dua bulan pada Anda, mungkin merupakan gejala gangguan haid akibat ketidakseimbangan hormon sebagai efek samping penggunaan pil KB. Akan tetapi ada keadaan lainnya yang bisa menyebabkan tidak haid pasca melahirkan sekitar 5 bulan lebih seperti yang Anda alami, yaitu proses menyusui. Dimana hormon menyusui khususnya prolaktin dapat menekan aktivitas hormon pengatur siklus haid sehingga dapat menyebabkan tidak terjadi ovulasi yang berakibat tidak haid.

Namun jika Anda khawatir akan terjadinya kehamilan sebaiknya lakukan dulu test pack. Jika negatif maka dapat melanjutkan menggunakan KB. Jika dalam jangka waktu satu bulan kedepan masih juga tidak haid ada baiknya untuk mempertimbangkan penggantian jenis KB, menjadi KB non-hormonal seperti IUD. Keterangan lebih lanjut bisa Anda dapatkan dengan berkonsultasi secara langsung dengan dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

siklus menstruasi yang normal berlangsung selama 28 hari

Siklus Menstruasi yang Normal dan Membedakannya dengan yang Tidak Normal

Mengetahui siklus menstruasi tidak cuma membantu merencanakan kehamilan, tapi juga mengantisipasi gangguan kesehatan. Siklus menstruasi normal itu seperti apa?