Menstruasi tidak teratur setelah menggunakan KB suntik

TP Info Penanya: TP, Wanita, 21 Tahun
Siang dok, saya berumur 21th sudah menikah. Saya menggunakan KB suntik 1 bulan tetapi saat bulan mei dilepas dan dari bulan juni sampai agustus awal saya tidak haid, saat tgl 15 agustus saya haid selama 7 hari . Berselang 2 hari sesudah haid saya hubungan badan tetapi sesudahnya selalu keluar darah, kenapa ya dok? Dari semenjak itu saya tidak HB lagi dan darah tidak keluar, selang 2 hari darah itu keluar lg tp saya tidk HB. Mohon penjelasannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi TP,

Penggunaan KB suntik bisa menimbulkan beberapa efek samping, salah satunya yang sering terjadi adalah masalah siklus menstruasi. KB suntik bisa membuat siklus menstruasi berantakan, bisa membuat tidak haid sama sekali ataupun bisa menimbulkan perdarahan diluar siklus menstruasi.

Jika terjadi perdarahan setelah berhubungan seksual, kondisi ini bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti:

  • Peradangan di vagina akibat gesekan selama berhubungan seksual
  • Vagina yang kering
  • Adanya gangguan di organ reproduksi seperti adanya polip, adanya tumor jinak, atau bisa karena endometriosis
  • Masalah hormonal
  • Infeksi panggul 

Jadi kalau sering kali timbul perdarahan diluar siklus menstruasi ada baiknya dipastikan dengan memeriksakan diri pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya bisa dilakukan pemeriksaan lab hormonal dan pemeriksaan USG untuk memastikan kondisinya.

Bisa juga mengganti metode kontrasepsi untuk menghindari efek samping yang bisa mengganggu tersebut. Bisa memilih metode kontrasepsi lain dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan masing-masing metode. Beberapa yang bisa digunakan seperti pil KB, KB implan, kondom dan lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena terkait dengan proses reproduksi

Pentingnya Peran dan Fungsi Endometrium dalam Tubuh Wanita

Tahukah Anda bahwa peran dan fungsi endometrium pada tubuh wanita sangat penting karena berkaitan erat dengan proses reproduksi? Baca selengkapnya di sini!