Menstruasi tidak kunjung datang berbulan-bulan

BZ Info Penanya: BZ, Wanita, 1 Tahun
Knapa tdk halangan berbulan bulan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang BZ,

Keluhan tidak datang bulan lebih dari 3 bulan berturut-turut adalah salah satu bentuk gangguan menstruasi. Keluhan tidak haid ini disebut dengan amenorea. Amenorea selain tidak menstruasi juga memiliki gejala seperti berjerawat, rambut rontok, sakit kepala, perubahan berat badan, tumbuh rambut halus terutama di bagian wajah dan gejala lainnya.

Keluhan amenorea bisa terjadi karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Masalah hormonal
  • Masalah organ reproduksi seperti PCOS, kista, tumor jinak
  • Masalah gaya hidup seperti kurang tidur, aktivitas berat, stres
  • Masalah berat badan yang turun drastis
  • Masalah kesehatan lain seperti gangguan tiroid

Kalau sudah terjadi amenorea, perlu dilakukan pemeriksaan hormonal oleh dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Nantinya perlu dipastikan apa penyebabnya. Penanganan sendiri akan ditujukan untuk merangsang menstruasi dan juga menghilangkan penyebabnya. Salah satunya dapat dilakukan terapi hormonal.

Perbaiki juga keseharian dan gaya hidup seperti tidur 7-8 jam perhari, makan makanan bernutrisi, perbanyak minum air putih, olahraga rutin, hindari stres atau beban pikiran yang berlarut-larut, serta lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengatasi masalah menstruasi yang terjadi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

PCOS (polycystic ovarian syndrome) adalah salah satu penyebab gangguan kesuburan pada wanita

Sulit Hamil? Mungkin Anda Memiliki Risiko Infertilitas Ini

Perempuan dianggap mengalami infertilitas apabila tidak hamil saat sudah mencoba hamil dalam kurun satu tahun. Penyebab infertilitas pada perempuan cukup beragam, misalnya infeksi saluran reproduksi dan PCOS (polycystic ovarian syndrome). Kenali faktor risiko infertilitas untuk meminimalisir terjadinya infertilitas.