Apakah tanda kehamilan?

MR Info Penanya: MR, Pria, 25 Tahun
Dok, saya melakukan seks di tanggal 27 dan Pasangan saya Haid di tanggal 30 dok banjir selama 5 hari apakah terjadi pembuahan sel atau kehamilan? Tapi pasangan saya merasa Payudaranya membesar tetapi sedikit dan puting nya keluar dok dan merasa mual apakah itu tanda? Akan tetapi saya melakukan hubungan seks mengeluarkan sperma di luar dok apakah bisa jika sperma mengalir ke vagina dan terjadi pembuahan sel?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, M

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kehamilan adalah kondisi yang dinantikan oleh mayoritas pasangan suami istri, walaupun begitu terdapat pula beberapa pasangan yang berencana menunda kehamilan. Terlambatnya siklus haid memang bisa dikarenakan oleh adanya kehamilan, namun bisa juga karena adanya kondisi lainnya seperti stres, kelelahan, obesitas, masalah hormon, atau adanya masalah lain terkait dengan organ reproduksi wanita yang lainnya yang dapat mempengaruhi siklus haid seorang wanita. Secara normal siklus haid wanita dalah 21 - 35 hari yang dihitung dari hari pertama haid pada bulan ini hingga hari pertama haid pada bulan berikutnya. 

Adapun tanda pasti dari adanya kehamilan dapat dibuktikan dengan:

  • Hasil pemeriksaan fisik yang bisa dilakukan oleh dokter ataupun dokter spesialis kandungan
  • Hasil pemeriksaan ultrasonografi atau USG kehamilan yang dilakukan oleh dokter spesialis kandungan
  • Hasil tes pack (tes kehamilan) yang bisa dilakukan secara mandiri maupun oleh dokter

Keluhan mual, muntah, payudara membesar, nafsu makan turun, pusing, nyeri perut dan lain sebagainya bukan merupakan tanda pasti dari adanya kehamilan. Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, jika tidak dilakukan ejakulasi ketika sedang penetrasi (masuknya penis ke dalam vagina) maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil. 

Namun, jika pasangan Anda mengalami keterlambatan pada siklus haid pada periode bulan berikutnya sebaiknya lakukan tes kehamilan. Konsumsilah makanan sehat dan bergizi, hindari bergonta-ganti pasangan seksual, perbanyak sayur dan buah, dan sebaiknya gunakan alat kontrasepsi jika berencana menunda kehamilan. Periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat bila terdapat keluhan terkait jenis alat kontrasepsi yang sesuai dan jika terdapat keluhan terkait organ reproduksi pada wanita.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Teknik foreplay mandi kucing

Mengenal Berbagai Teknik Foreplay yang Menggoda

Teknik foreplay diperlukan sebagai tujuan fisik dan emosional. Kegiatan ini dapat membantu mempersiapkan pikiran dan tubuh Anda untuk lebih siap berhubungan intim.