Menstruasi mundur padahal sebelumnya teratur, karena apa ?

RN Info Penanya: RN
Pagi dok. Saya seharusnya jadwal menstruasi tanggal 12juli tetapi sampai saat ini belum keluar juga padahal tanda-tanda sudah terasa. Bulan kemarin saya menstruasi tanggal 15juni, dan 3 bulan dihitung mundur selalu siklus 28hari selalu tepat, bulan ini malah mulur. Kenapa itu ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, RNH.

Siklus mentruasi wanita merupakan keadaan yang secara rutin dialami setiap bulannya. Secara normal siklus menstruasi berlangsung setiap 21-35 hari dengan rata-rata 28 hari. Lama durasinya berkisar antara 3 hingga 8 hari. Terkadang siklus menstruasi dapat berubah karena dipengaruhi berbagai faktor yang umumnya berhubungan dengan hormon pengaturnya.

Beberapa faktor pemicu perubahan siklus menstruasi antara lainnya ialah :

  • adanya penurunan atau kenaikan berat badan yang drastis
  • pola makan tidak sehat atau adanya kelainan pola makan tertentu
  • sedang dalam pelatihan tertentu seperti atlet
  • stress, kecemasan serta keadaan emosi yang sedang labil lainnya
  • kelelahan
  • adanya penyakit atau kondisi medis tertentu

Mengenai mundurnya siklus menstruasi Anda, mungkin dipicu oleh salah satu faktor diatas. Anda dapat menghitungnya terlebih dahulu selama 3 bulan kedepan, apakah kemundurannya masih dalam rentang yang wajar yakni 21-35 hari dan apakah masih tetap teratur setiap bulannya. Jika tidak teratur dan sangat memanjang barulah Anda perlu untuk waspada dan memeriksakan diri ke dokter Kandungan.

Sementara ini, Anda dapat membantu melancarkan menstruasi dengan cara yang alami, seperti megonsumsi air rebusan jahe dan kunyit, mengonsumsi bubuk kayu manis serta cuka apel organik, berolah raga ringan secara rutin dan memperbaiki pola makan yang tidak sehat.

Salam sehat, 

dr. Rahmita

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.