Kalau sudah menstruasi apa bisa hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 22 Tahun
Dok mau tanya. Saya habis berhubungan intim dan di keluarin diluar. kemudian selang beberapa hari tepatnya 2 hari terjadi haid tapi itu memang sudah tanggalnya haid dan sekarang haidnya mau jalan 4 hari. Apakah kondisi itu normal ? dan apa bisa menyebabkan kehamilan? Terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Menstruasi adalah tanda jaringan di rahim luruh dan dapat diartikan sebagai kegagalan janin menempel ke rahim atau memang tidak ada proses pembuahan bila tidak berhubungan seksual.

Bila Anda berhubungan seksual kemudian haid dan sudah sesuai dengan jadwal haid, maka seharusnya tidak terjadi kehamilan. Karena tidak mungkin seseorang haid dengan kondisi hamil. Kecuali darah yang keluar bukanlah darah haid, namun darah proses implantasi atau adanya ancaman keguguran. Namun biasanya darah implantasi ini baru muncul setelah beberapa hari berhubungan seksual, sekitar hari ke 6-12 setelah berhubungan seksual dan durasinya sangat sebentar maksimal 3 hari, dan yang muncul hanya berupa bercak dan tidak terasa nyeri perut atau kram perut.

Dan perlu diketahui bahwa berhubungan seksual tidak mempengaruhi siklus haid menjadi lebih cepat, sehingga haid akan keluar sesuai dengan keseimbangan hormon yang ada di dalam tubuh.

Bila Anda belum menikah atau belum siap memiliki anak, sebaiknya gunakan KB atau kondom ketika berhubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Anda bisa memilih berbagai metode kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, implan, atau pemasangan IUD. Pilih metode KB sesuai dengan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Janin 7 minggu berukuran sebesar buah blueberry

Perkembangan Janin 7 Minggu, Apa Saja yang Terjadi?

Kehamilan Anda kini memasuki usia 7 minggu. Ternyata, banyak terjadi perkembangan pada janin 7 minggu kehamilan mulai dari ukuran hingga berbagai anggota tubuhnya.