Apakah menstruasi setelah melakukan hubungan seksual bisa terjadi kehamilan?

SU Info Penanya: SU, Pria
Dok mau tanya, habis berhubungan intim tapi 3 hari setelahnya menstruasi. Apakah bisa hamil? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Merencanakan kehamilan atau program hamil merupakan sebuah program yang banyak diikuti oleh pasangan suami istri. Salah satu langkah dalam program hamil adalah melakukan hubungan seksual saat wanita sedang dalam masa suburnya. Hal ini bertujuan agar memudahkan sel sperma bertemu dengan sel telur pada wanita, sehingga dapat terjadi pembuahan. Untuk dapat mengetahui masa suburnya, seorang wanita harus tahu siklus menstruasinya.

Secara rata-rata, wanita mempunyai siklus menstruasi 28 hari. Sedangkan, normalnya siklus menstruasi wanita berkisar antara 21 - 35 hari. Apabila Anda memiliki siklus haid 28 hari, maka masa subur Anda terletak sekitar 14 hari atau 2 minggu sebelum Anda menstruasi kembali. 

Adapun beberapa cara untuk dapat mengetahui masa subur Anda adalah:

  • Memahami siklus menstruasi Anda
  • Mengetahui apa yang terjadi saat ovulasi
  • Mengetahui kapan hari paling subur Anda
  • Melacak masa ovulasi dengan suhu tubuh
  • Memprediksi ovulasi oleh hormon

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, apabila Anda melakukan hubungan seksual namun setelah itu mengalami menstruasi perlu dipastikan terlebih dahulu, apakah perdarahan tersebut benar-benar perdarahan menstruasi atau perdarahan implantasi (perdarahan awal kehamilan yang terjadi karena embrio menempel pada dinding rahim). Apabila benar perdarahan mestruasi, maka kemungkinan Anda melakukan hubungan seksual saat sedang tidak dalam masa subur, maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil. Namun, untuk lebih memastikannya, bisa melakukan tes kehamilan atau pemeriksaan USG kehamilan oleh dokter sepsilalis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Makanan yang dilarang untuk program ibu hamil cukup beragam, salah satunya junk food

8 Makanan yang Dilarang untuk Program Hamil

Makanan yang dilarang untuk program hamil wajib diperhatikan oleh wanita yang mengida-idamkan momongan. Salah satu contoh makanan yang dilarang ini adalah makanan dengan kandungan lemak trans.