Haid tidak teratur pasca menikah disertai gumpalan dan lendir, apakah wajar ?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 22 Tahun
Malam dok, saya berusia 22thn.. baru menikah tanggal 14 juni. Kemudian pada tanggal 21 saya keluar darah warnanya agak pink karna sepertinya darahnya bercampur dengan lendir dan itu berlangsung hingga tanggal 28. Kemudian pada tanggal 6 juli saya baru mengalami haid selama 5 haidnya sedikit2 lalu 3hari terakhir haid cukup deras dn banyak keluar darah yg menggumpal kalo saya hitung kemungkinan saya haid 9 hari. Kira2 apa yg terjadi dengan saya ya ? Apakah ini masih wajar?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, A.

Haid tidak teratur merupakan keluhan yang sering dialami wanita. Umumnya keadaan gangguan siklus haid tersebut disebabkan oleh berbagai faktor pemicu yang berhubungan dangan hormon pengatur siklus haid.

Gangguan haid sendiri terbagi menjadi dua kelompok besar, yang meliputi :

  • Perdarahan berat uterus (PUD) yang terjadi berulang atau secara berkala yang dikenal dengan istilah Menorrhagia
  • Perdarahan tidak teratur yang disebut dengan istilah Metrorrhagia

Adapaun berbagai faktor penyebabnya, yaitu :

  • ketidakseimbangan hormon yang dipicu oleh berbagai hal seperti status gizi berlebih atau kurang, kondisi psikologis tidak stabil, penggunaan dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat hormonal (pil KB)
  • adanya penyakit gangguan pembekuan darah
  • terganggunya proses ovulasi
  • beberapa penyakit pada alat reproduksi berupa :
    • adenomiosis
    • endometriosis
    • fibroid rahim
    • polip rahim

Mengenai keadaan gangguan haid yang Anda alami pasca menikah bisa saja terjadi akibat perubahan hormon yang terjadi setelah aktif secara seksual. Namun demikian jika haid menjadi sangat tidak teratur diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab pastinya.

Untuk sementara Anda dapat mencoba mengatasi keluhan dengan mengonsumsi air rebusan jahe, kunyit dan bubuk kayu manis. Apabila setelah 3 siklus kedepan keluhan haid tidak teratur masih dialami, ada baiknya untuk tidak menunda memeriksakan diri ke dokter Kandungan.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sakit perut saat haid bisa berupa kram

Ini Penyebab Sakit Perut Saat Haid dan Cara Mengatasinya

Sakit perut saat haid bisa berupa kram hingga nyeri tak tertahankan. Mengenali penyebab nyeri tersebut dapat membantu Anda untuk menemukan cara mengatasinya.