Belum haid dan sudah berhubungan intim apa hamil?

SU Info Penanya: SU, Pria, 27 Tahun
Selamat siang dok istri saya belum juga haid udah seminggu lewat.. Dan sebelum itu saya berhubungan intim tapi pakai kondom. Trima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Berhubungan seksual di masa subur akan meningkatkan kemungkinan keberhasilan terjadinya kehamilan. Namun seringkali terjadi kesulitan dalam memperkirakan kapan masa suburnya bila siklus haidnya tidak teratur. Dengan siklus haid setiap 28 hari sekali maka perkiraan masa suburnya adalah sekitar 1 minggu sebelum haid bulan berikutnya.

Selain itu juga ada tanda-tanda masa subur seperti:

  • Keluar cairan bening encer dari vagina, namun tidak berbau, dan tidak gatal.
  • Payudara terasa lebih sensitif dan nyeri ketika disentuh.
  • Perut terasa kembung.
  • Perubahan emosional menjadi lebih sensitif dan mudah marah.

Namun terlambat haid tidak selalu 100% disebabkan oleh kehamilan, terlebih bila Anda berhubungan seksual menggunakan kondom. Namun meski pakai kondom juga ada risiko terjadinya kegagalan misal akibat kondom yang bocor, atau kondom terlambat dipakai, atau kondom lepas saat dipakai.

Selain kehamilan, terlambat haid juga bisa akibat stres, kelelahan, perubahan berat badan, PCOS, dll. Jalankan pola hidup sehat agar siklus haid bisa lancar.

Namun bila sudah 1 minggu terlambat haid maka sudah waktunya melakukan tes pack. Pastikan untuk menggunakan urin pagi yang pertama kali keluar setelah bangun tidur. Dan segera baca sesuai dengan petunjuk yang ada di brosurnya. Bila hasilnya negatif maka jalankan pola hidup sehat.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis makanan lainnya dapat menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi saat hamil

Sayuran Penurun Darah Tinggi untuk Ibu Hamil dan 7 Jenis Makanan Lainnya

Sayuran penurun darah tinggi untuk ibu hamil dan jenis makanan lainnya dapat menjadi salah satu cara menurunkan darah tinggi saat hamil. Lantas, apa saja makanan penurun darah tinggi untuk ibu hamil yang bisa dikonsumsi?