Apa sajakah gejala mandul pada wanita?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
Malam dok, saya wanita usia 20th .. menikah sdh 5bln lalu , tp blm jg hamil .. biasanya haid selalu lancar tgl 29 . Tp bulan kmrin haid tgl 8 dan skrg tgl 3 . Setelah sehari selesai haid . Masih keluar bercak darah merah muda , sy tidak ikut KB dok , apakah ini gejala ketidak suburan dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang, SU

Terima kasih atas pertaanyaan Anda

Mandul merupakan suatu kondisi menyatakan seseorang tidak dapat mempiliki keturunan. Pawa wanita, kondisi mandul seringdikaitkan dengan adanya masalah pada rahim yang dapat menyebabkan wanita tersebut tidak bisa hamil. Sedangkan pada pria, kondisi mandul sering artikan saat pria tersebut tidak mempunyai sperma dengan kualitas yang baik untuk dapat membuahi sel telur wanita.

Adapun beberapa gejala dan kondisi yang dapat menyebabkan kemandulan pada wanita adalah:

  • Nyeri saat melakukan hubungan seksual
  • Periode menstruasi yang memanjang, disertai rasa nyeri dan perdarahan yang banyak
  • Darah menstruasi berwarna pucat
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur
  • Berhentinya siklus mentruasi
  • Obesitas
  • Adanya masalah hormonal
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita

Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membantu program hamil adalah dengan tidak menggunakan alat kontrasepsi, ketahui masa subur Anda dan lakukanlah hubungan seksual saat masa subur, lakukanhubungan seksual lebih sering, lakukanlah olahraga rutin, hindarilah stres, konsumsi makanan yang bernutrisi baik untuk kesuburan, perbanyak sayur dan buah-buahan.

Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat agar dilakukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang bilamana diperlukan.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Strategi merencanakan kehamilan, salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan.

8 Buah untuk Program Hamil, Sudah Coba yang Mana?

Merencanakan kehamilan juga memerlukan strategi termasuk makanan, seperti buah. Beberapa buah yang cocok dikonsumsi, seperti sitrus, berries,alpukat, mangga, pisang dsb.