Berapa harikah lama menstruasi yang normal?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 22 Tahun
Selamat malam dok, mau tanyaa.Saya sudah selesai menstruasi dari tanggal 26 juni kemarin, tapi sisa" mens sampai sekarng masih keluar.Kira" itu kenapa ya dok ? Normal ga ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Menstruasi adalah perdarahan yang terjadi pada wanita karena adanya pengaruh dari hormon reproduksi dari wanita. Seorang wanita mengalami masa menstruasi sejak usia remaja hingga menjelang masa menopausenya. Siklus menstruasi wanita secara normal terjadi 21 - 35 hari dengan rata-rata wanita mempunyai siklus menstruasi 28 hari. Sedangkan lamanya proses menstruasi yang normal pada wanita yaitu 3-7 hari. 

Beberapa hal yang dapat mempengaruhi siklus dan lamanya proses menstruasi adalah:

Perdarahan yang terjadi saat menstruasi pun beragam mulai dari berupa bercak atau sering disebut dengan istilah flek, berupa gumpalan atau bahkan cair kekentalan. Begitupula dengan warna darah yang keluar saat menstruasi bisa berwarna merah, merah kecokelatan, merah kehitaman, cokelat, atau bahkan hitam. 

Jika perdarahan menstruasi Anda terjadi lebih dari 7 hari, maka keadan tersebut tidak normal. Untuk dapat memastikan penyebab pastinya perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter spesilais kandungan terdekat. Konsumsilah makanan bergizi, hindari stres dan kelelahan, lakukanlah istirahat cukup serta cukupi kebutuhan cairan harian Anda.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Rempah hingga buah, ini jenis makanan yang melancarkan haid

9 Makanan yang Melancarkan Haid Secara Alami

Makanan yang melancarkan haid antara lain pepaya, nanas, jahe, kayu manis, dan kunyit. Selain dengan makanan, lengkapi usaha Anda dengan berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan.