Apakah diet memengaruhi siklus haid?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 24 Tahun
Dok bulann lalu saya haid di tanggal 23 mei Tapi bulan ini sampai tanggal 30 juni saya belum juga halangan dok..Tapi sya tidak merasakan ada tanda2 puting sakit atau sebagainya dokSaya hanya mengkomsumsi obat diet.. Apa itu pengaruh dtang bulan terlambat atau karna apa ya dok...Tolong saran nya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, SU.

Haid atau menstruasi adalah hal alami yang dialami oleh wanita secara teratur, dimana jarak antarhaid yang normal biasanya dalam rentang 21 sampai 35 hari. Rata-rata wanita memiliki jarak antarhaid 28 hari. Haid terjadi karena sistem hormon di dalam tubuh, sehingga jika ada hormon yang terganggu, maka haid akan menjadi tidak teratur.

Salah satu penyebab yang memicu terganggunya hormon adalah konsumsi obat-obatan golongan tertentu. Terkait kondisi yang Anda sampaikan, Anda tidak menyebutkan apa nama obat diet yang Anda konsumsi. Tapi, bisa saja obat tersebut berpengaruh, ya. Anda bisa menanyakan kepada dokter yang meresepkan obat tersebut.

Selain obat-obatan, naik atau turunnya berat badan secara drastis dalam waktu cepat juga memengaruhi siklus haid. Oleh karena itu, jika diet yang Anda lakukan berhasil dan Anda mengalami penurunan berat badan yang cukup banyak, siklus haid Anda memang bisa berubah.

Jadi, kemungkinan besar bulan Juni kemarin Anda belum haid adalah dua penyebab di atas, ya. Tetapi, kemungkinan lainnya belum dapat dikesampingkan, yaitu kehamilan (bisa diuji dengan testpack), gangguan tiroid, PCOS, dan lain sebagainya. Untuk memastikan, disarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan ya.

Ke depannya, Anda dapat melakukan diet dengan mengubah pola makan dan gaya hidup saja, agar lebih sehat. Anda dapat memperbanyak porsi sayuran dan mengurangi porsi karbohidrat di piring Anda, serta menghindari cemilan. Lalu, bergeraklah aktif sehari-hari ya. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Para wanita perlu mengenali tanda haid menjelang menopause agar lebih siap menghadapinya

Kenali Perubahan pada Haid Menjelang Menopause lewat 4 Ciri-cirinya

Mendekati masa menopause, banyak perubahan yang terjadi pada tubuh perempuan. Siklus menstruasi termasuk hal utama yang terkena dampak perubahan ini. Agar lebih bisa mempersiapkan diri, kaum hawa perlu mengenali tanda haid menjelang menopause.