28 Jun 2020, 20:36Kandungan

Menstruasi tidak teratur, apakah penyebabnya?

KA
Info Penanya: KA, Wanita, 21 Tahun
Hallo dok, saya ingin bertanya sekali lagi dok saya terakhir menstruasi di tgl 8- 16 juni dok (menstruasi saya tidak teratur bisa 2 bulan sekali, sebelum menstruasi di tgl 8- 16 juni saya baru saja menstruasi itu tgl 24 - 1 juni)saya berhubungan di tgl 20 juni tapi dikeluarinnya diluar dok, lalu tgl 23 saya flek coklat, sampai saat ini sudah hampir satu minggu saya flek coklat dok. Mohon penjelasannya dok terimakasih
15042 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, KTerima kasih atas pertanyaan AndaSecara normal siklus menstruasi wanita adalah 21 sampai dengan 35 hari yang dihitung dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi berikutnya. Sedangkan untuk lamanya seorang wanita mengalami menstruasi secara normal adalah 3 hingga 7 hari. Selain karena adanya kehamilan, beberapa penyebab siklus menstruasi tidak teratur bsia disebabkan oleh beberapa kondisi.

Adapun kondisi-kondisi medis yang dapat menyebabkan siklus menstruasi tdiak teratur yaitu:

  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
  • Adanya masalah pada hormon
  • Adanya masalah pada berat badan (terlalu gemuk atau terlalu kurus)
  • Adanya perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak
  • Adanya stres
  • Adanya aktivitas fisik yang berlebih dan menyebabkan kelelahan
  • Adanya efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi
  • PCOS
Terkait dengan keluhan Anda, siklus menstruasi yang tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang sudah disebutkan di atas. Bilamana, Anda melakukan hubungan seksual namun tidak dilakukan ejakulasi tepat di dalam organ kewanitaan maka kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangatlah kecil. Namun, jika Anda ragu, Anda bisa melakukan tes kehamilan atau dengan memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab dari siklus menstruasi Anda yang tidak teratur.Berusahalah untuk menghindari stres dan kelelahan, lakukan istirahat cukup, dan juga berusaha untuk  makanan makanan dengan gizi siembang.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dian
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil