Berhubungan seksual 2 hari menjelang menstruasi apakah hamil?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 19 Tahun
Dok saya mau tanya, kemarin tgl 19 saya berhubungan terus pagi pagi pada tgl 21 saya menstruasi, apakah ini tidak terjadi kehamilan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SU.

 

Kehamilan merupakan proses yang terjadi sejak pembuahan sampai proses kelahiran. Umumnya terjadi sekitar 40 minggu. Kehamilan akan terjadi jika terjadi pembuahan yang diawali oleh proses bertemunya sel telur dengan sperma, kemudian menjadi bakal janin dan menempel pada dinding rahim hingga terjadi kelahiran.

Haid merupakan meluruhnya dinding rahim yang keluar sebagai darah haid akibat tidak adanya proses pembuahan.

Terkait dengan pertanyaan Anda apabila Anda berhubungan seksual dua hari menjelang terjadinya haid tidak akan terjadi kehamilan sebab kehamilan membutuhkan proses sedangkan dinding rahim Anda sudah meluruh dan keluar sebagai darah haid. Namun perlu dipastikan apakah keluarnya darah sedikit atau deras, karena jika sedikit bisa saja itu merupakan tanda kehamilan berupa beRcak implantasi di saat Anda berhubungan seksual dengan pasangan sebelumnya. Untuk memastikan periksakan kepada dokter kandungan ya.

Jika Anda ingin hamil lakukan hubungan seksual disaat masa subur, namun jika Anda belum menginginkan kehamilan sebaiknya gunakan alat kontrasepsi KB.

Jaga selalu kesehatan organ reproduksi Anda dengan ruitin berolahraga, makan buah sayur, dan banyak minum air putih.

 

Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

 

dr.Sri Wulantini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sebelum melakukan perawatan spa vagina, pastikan kebersihan dan kehigienisan tempat spa

Spa Vagina Ternyata Belum Tentu Aman untuk Anda

Jika vagina bisa menjaga kadar pH-nya sendiri, untuk apa repot-repot melakukan perawatan spa vagina yang belum tentu aman? Sama seperti facial, perawatan ratus vagina boleh saja dilakukan asalkan tetap memerhatikan keamanan prosedur.