30 May 2020, 23:15Kandungan

Siklus menstruasi berubah, apakah terlambat haid?

NK
Info Penanya: NK, Pria, 22 Tahun
Selamat malam dokMau tanya..Pada bulan maret awal menstruasi saya tanggal 25,Pada bulan april awal menstruasi saya tanggal 24,Pada bulan mei awal menstruasi saya tanggal 29,Pertanyaan saya pada bulan mei apakah saya dibilang terlambat haid, atau masih dibilang siklus menstruasi yang normal. Karena katanya menstruasi yg normal 21-35Dan biasanya saya siklusnya 30 tp bulan mei ini 35 hari apa itu telat atau normal dok?
29830 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang, NK.Haid atau menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari luruhnya dinding rahim karena tidak ada proses pembuahan. Menstruasi akan berlangsung secara teratur selama seorang wanita berada dalam usia subur, dimana rata-rata wanita mengalami siklus 28 hari, dengan rentang 21-35 hari.

Penyebab Siklus Menstruasi Berubah

Terkait kondisi yang Anda sampaikan, siklus menstruasi Anda yang berubah dari 30 hari ke 35 hari dapat disebabkan oleh beberapa hal, misalnya:
  • Kondisi stres fisik atau psikologis
  • Kurangnya aktivitas harian
  • Konsumsi makanan yang tidak sehat, seperti yang mengandung pemanis buatan
  • Perubahan pola tidur yang berubah, seperti sering begadang
  • Kondisi hormonal yang tidak stabil karena penggunaan alat kontrasepsi
Untuk menentukan apakah 35 hari termasuk terlambat atau tidak, harus diketahui enam siklus terakhir haid Anda. Bisa saja siklus rata-rata menstruasi Anda 32-33 hari. Lalu, Anda juga bisa memantau menstruasi Anda selanjutnya (bulan Juni). Siklus menstruasi bisa bergeser maju atau mundur sampai dengan dua hari, dan ini masih dikategorikan normal. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jangan lupa lakukan pola hidup sehat agar keseimbangan hormon senantiasa terjaga, seperti makan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, dan tidak begadang. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr. Sylvia
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil