Terlambat haid, normal atau harus waspada?

IA Info Penanya: IA, Pria, 16 Tahun
halo dok,saya umur 17thn bulan maret ini saya blum menstruasi,saya telat sudah 35 hari lebih yang seharus nya tanggal 10 saya sudah menstruasi tapi malah blum,apa kondisi ini normal atau harus di waspadai?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, IA.

Haid atau menstruasi adalah proses normal yang dialami wanita usia subur, mulai dari remaja sampai lansia. Haid ditandai dengan keluarnya darah dari liang vagina, yang berasal dari dinding rahim yang meluruh. Haid terjadi 3-8 hari. Pada wanita sehat, haid akan berulang secara teratur setiap 21-35 hari (bervariasi tiap wanita).

Terkait keluhan yang Anda sampaikan, terlambat haid 35 hari atau lebih sudah termasuk hal yang tidak normal. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi, seperti kehamilan (jika Anda sudah menikah atau pernah berhubungan seksual), terlalu gemuk atau kurus, pola makan yang tidak sehat, sering tidur larut malam, stres, gangguan tiroid, dan lain-lain.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan apabila haid tak kunjung datang setelah 90 hari. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG, dan akan memberikan terapi yang tepat untuk Anda.

Selain itu, Anda dapat mencoba menjaga keseimbangan hormon tubuh (termasuk hormon kewanitaan) dengan menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi buah, sayur, dan protein; minum air putih yang cukup. Hindari makanan cepat saji atau junk food, serta minuman yang mengandung pemanis buatan. Tak lupa, kendalikan tingkat stres dengan melakukan meditasi atau yoga.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu manfaat pil KB adalah mengatasi gangguan siklus haid

9 Manfaat Pil KB Selain Mencegah Kehamilan

Manfaat pil KB yang utama adalah untuk mencegah kehamilan. Namun alat kontrasepsi ini ternyata bisa digunakan untuk mengatasi kondisi kesehatan lain. Misalnya, gangguan siklus haid, gejala PMS, migrain, dan banyak lagi.