Apakah bisa hamil jika sebelum menstruasi berhubungan intim?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 21 Tahun
Hi dok??Saya mau bertanya,Apakah 2/3 hari sebelum menstruasi melakukan hubungan intim bisa terjadi kehamilan??Dan apakah benar jika dalam waktu menstruasi melakukan hubungan intim bisa tidak terjadi kehamilan??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore DA,

Menstruasi adalah perdarahan yang terjadi setiap bulannya, siklusnya bisa berbeda-beda pada tiap individunya dan terkadang bisa tidak teratur siklusnya.

Apabila melakukan hubungan seksual sebelum menstruasi tanpa pengaman, bisa memungkinkan terjadinya kehamilan. Tetapi jika setelah berhubungan 2-3 hari kemudian mengalami menstruasi, berarti tidak hamil.

Berhubungan seksual saat menstruasi

Berhubungan seksual saat menstruasi sendiri memiliki kemungkinan untuk bisa hamil, meskipun kecil kemungkinannya. Hal ini bisa dipengaruhi berhubungan seksual pada hari keberapa menstruasi, berapa lama siklus menstruasinya, dan berapa lama perdarahan menstruasi terjadi.

Apabila siklus menstruasi pendek, melakukan hubungan seksual di hari-hari akhir menstruasi, dan durasi menstruasi pendek, maka kemungkinan hamil bisa lebih tinggi, karena sperma sendiri bisa bertahan dan menetap di dalam rahim selama 72 jam. 

Melakukan hubungan intim saat haid juga berisiko memicu terjadinya penyebaran penyakit menluar seksual, infeksi dan peradangan vagina, infeksi saluran kemih dan lainnya.

Apabila belum menginkan kehamilan, ada baiknya menggunakan kontrasepsi atau pengaman seperti:

  • Kondom 
  • Pil KB

Jika mengalami terlambat haid setelah berhubungan intim di masa menstruasi, perlu dilakukan pemeriksaan awal kehamilan dengan testpack. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh DA
20 May 2020, 21:57
Jadi lebih aman melakukan hubungan intim 2/3 sebelum haid atau 1 hari setelah menstruasi??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
21 May 2020, 10:44
Selamat siang, DA
Sebaiknya tidak melakukan hubungan seksual pada saat masa subur. Untuk mengetahui masa subur, harus mengetahui siklus menstruasi terlebih dahulu. Siklus menstruasi normal wanita adalah 21 - 35 hari, dengan rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Bila siklus Anda 28 hari, maka masa subur etrjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi berikutnya.
Terima kasih.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penggunaan kontrasepsi darurat biasanya dipilih jika alat kontrasepsi yang biasanya digunakan tidak efektif mencegah kehamilan

Mengenal Kontrasepsi Darurat untuk Menunda Kehamilan

Kontrasepsi darurat adalah alat kontrasepsi yang dapat digunakan segera setelah melakukan hubungan seksual untuk mencegah kehamilan. Kontrasepsi darurat terbagi menjadi dua jenis, yaitu bentuk pil dan IUD atau spiral.