Menstruasi tidak teratur, karena apa ?

VC Info Penanya: VC, Wanita, 17 Tahun
Selamat pagi dok, begini dok saya mau tanya bulan kemarin saya datang bulan tanggal 22 sedangkan bulan ini tanggal 14 apakah itu normal? Maaf tetapi darah yang keluar kecoklatan dan keluar nya tidak teratur seperti hari ini keluar,siang nantii tidak begitu dok tidak teratur itu kenapa ya dok? Apakah normal?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, VC.

Menstruasi tidak teratur merupakan keluhan yang umumnya berhubungan dengan ketidakseimbangan hormon pengatur siklus menstruasi. Terdapat berbagai faktor yang dapat memicu keadaan menstruasi tidak teratur, baik secara fisik maupun psikis.

Berikut beberapa faktor pemicu keadaan menstruasi tidak teratur yang meliputi :

  • faktor keturunan
  • status gizi yang tidak normal, baik terlalu kurus maupun kegemukan 
  • kelelahan
  • stres dan gangguan emosional lainnya
  • pola makan yang tidak sehat dan gangguan pola makan seperti anorexia
  • menjalani program fisik tertentu, seperti pada atlet
  • penggunaan obat-obatan tertentu 
  • kondisi medis tertentu 
  • penyakit tertentu seperti gangguan pada alat reproduksi atau gangguan hormon tiroid

Mengenai keluhan Anda, jangka waktu yang memanjang maupun memendek adalah hal yang dapat terjadi pada siklus menstruasi. Selama siklus menstruasi masih berkisar pada 21-35 hari umumnya masih aman. Keadaan sehari-hari seperti pola makan, pola aktivitas dan pola istirahat pun dapat menjadi pemicu gangguan siklus menstruasi. Mengenai darah kecoklatan yang keluar saat menstruasi pun masih normal dialami jika tidak berkelanjutan, keadaan tersebut berhubungan dengan hormon pengatur siklus menstruasi.

Jika Anda khawatir, untuk memastikan penyebab dari keluhan yang dialami, diperlukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter Spesialis Kandungan.

Namun, untuk sementara ini Anda dapat melakukan beberapa cara alami terlebih dahulu seperti pada artikel "tips mengatasi mentruasi tidak lancar" berikut, untuk membantu melancarkan menstruasi Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.