Keputihan bening dari vagina, normal atau tidak?

A Info Penanya: A, Wanita, 20 Tahun
Dok saya mau tanya. Sekitar 13 hri lalu saya mengeluh tntng keputihan yang banyak, bening dan cair namun tidak gatal dan berbau. Nah 3 hari yang lalu saya melihat ada bercak darah sedikit namun setelah itu saya tidak keputihan lagi dok.Nah pagi ini sepertinya saya mens dok namun darah nya keluar sedikit sekali dan seperti bercampur keputihan yang bening tadi. Perut juga terasa kram dan pinggang sakit. Solusinya gmna ya dok ??? Terima kasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A.

Keputihan adalah keluarnya lendir dari vagina. Keputihan yang normal berfungsi untuk menangkap benda asing yang masuk ke vagina. Ciri-ciri keputihan normal adalah berwarna bening, tidak berbau, dan tidak menggumpal. Seorang wanita akan mengalami keputihan yang lebih banyak sebelum menstruasi, setelah menstruasi, dan saat ovulasi.

Sedangkan jika keputihan berwarna hijau, cokelat, atau putih susu, serta disertai dengan bau amis atau gumpalan, berarti ada sesuatu yang tidak normal. Penyebab keputihan tidak normal biasanya virus, bakteri, jamur, atau parasit lainnya. Keputihan tidak normal biasanya disertai dengan rasa gatal atau panas pada vagina.

Terkait kondisi Anda, melihat dari deskripsi yang Anda sampaikan, jika hari ini Anda mengalami bercak darah (yang bisa merupakan pertanda akan datang menstruasi), kemungkinan tiga belas hari yang lalu adalah saat ovulasi Anda. Berarti, sangat wajar apabila tiga belas hari yang lalu Anda mengalami banyak keputihan. 

Keputihan yang datang hari ini juga wajar, mengingat hari ini awal menstruasi Anda. Gejala awal menstruasi pada sebagian orang juga disertai dengan kram perut, nyeri pinggang, maupun nyeri payudara. Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk informasi lebih lanjut, ya.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi jamur dan infeksi bakteri pada vagina dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat menganggu

Mengganggu Aktivitas Harian, Apa Penyebab Vagina Gatal?

Salah satu masalah yang kerap kali membuat para wanita menjadi gusar adalah miss v gatal. Rasa gatal di sekitar kemaluan tentunya membuat resah. Penyebab vagina gatal bisa diakibatkan oleh berbagai hal, tetapi umumnya dipicu oleh infeksi jamur atau infeksi bakteri vaginosis.