Terlambat menstruasi apa penyebabnya?

SS Info Penanya: SS, Wanita, 15 Tahun
Hai dokter,saya berumur 14 tahun saya terakhir haid adalah bulan maret dan bulan april ini saya belum haid sama sekali sampai sekarang itu kenapa ya dog?mungkin ada hal yang harus saya lakukan untuk mengatasinya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Terlambat haid merupakan kondisi yang terjadi ketika Anda melewatkan satu atau lebih siklus menstruasi. Siklus menstruasi normal biasanya setiap 21-35 hari sekali. 

Terlambat atau telat haid sebenarnya masih merupakan kondisi normal. Siklus haid tidak selalu pasti datang tepat waktu setiap bulannya. Kadang haid bisa lebih awal atau telat dari biasanya.

Penyebab dari terlambat haid biasanya :

  • Hamil
  • Stres atau terlalu banyak pikiran
  • Aktivitas fisik yang berlebihan
  • Kenaikan atau penurunan berat badan yang drastis
  • Polycystic Ovary Syndrom (PCOS)
  • Menggunakan alat kontrasepsi tertentu
  • Gangguan hormon atau masalah pada tiroid

Untuk menghindari terlambatnya haid Anda sebaiknya:

  • Menghindari aktivitas fisik yang berat
  • Mengonsumsi makanan yang bergizi
  • Melakukan rileksasi dengan cara meditasi
  • Menerapkan pola hidup sehat, makan-makanan bergizi, berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol dan olahraga minimal 3-4 kali seminggu

Berdasarkan keterangan yang Anda berikan usia Anda juga masih memasuki masa pubertas, jadi haid yang tidak teratur pada masa tersebut masih normal ya, Anda tidak perlu khawatir, karena akan normal seiring berjalannya waktu. Namun jika haid tidak teratur Anda berlangsung berkepanjangan, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan.

Semoga bermafaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh CW
20 May 2020, 23:01
Malam dok sya mau tanya... Sya sdh 1 taun habis melahirkan. Dan sesudah nifas sya tdk. Men sampai ank sya umur setaun. La bln kmren sya dpt dtng bln. Tp bln ini sya telat. Dan sdh sya tes hasilnya negatif dan knp perut sya rasanya selalu sakit... Trimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
21 May 2020, 10:50
Selamat siang, CW.
Terdapat banyak hal yang dapat menyebabkan terlambatnya siklus menstruasi, yaitu adanya masalah hormonal, penggunaan KB hormonal, masalah organ reproduksi wanita, obesitas, stres dan kondisi medis lainnya. Jika tes kehamilan negatif, bisa dilakukan tes ulang dengan jeda 1 minggu kemudian.
Bila Anda ragu dan keluhan dirasa tidak nyaman segera periksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dilakukan USG dan pemeriksaan.
Terima kasih
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Minum air kelapa saat haid ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh

Minum Air Kelapa Saat Haid, Selamat Tinggal Kram Perut!

Berkat kandungan elektrolit, vitamin, dan juga mineral di dalamnya, air kelapa menjadi salah satu minuman paling menyehatkan, selain air putih. Minum air kelapa saat haid bisa mencegah kram perut dan mencegah dehidrasi.