Mengapa menstruasi tidak lancar dan hanya berupa bercak darah saja?

Y Info Penanya: Y
Saya mau bertanya dok , sekarang sudah jadwal saya haid . Kemarin sudah ada bercak darah keluar , tapi besokkannya darahnya tidak keluar lg . Itu kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, Y

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Menstruasi merupakan hal yang wajar dialami setiap wanita mulai dari  remaja hingga wanita tersebut mencapai masa menopausenya. Siklus menstruasi normal terjadi pada 21 -35 hari dengan rata-rata wabita memiliki siklus 28 hari. Lama terjadinya menstruasi dikatakan normal selama 2 - 14 hari, dengan rata-rata wanita mengalami menstruais selama 3- 7 hari. Perdarahan pada saat menstruasi pun beragam, mulai dari bercak, cair, cair kekentalan, bahkan berupa gumpalan. Begitu juga dengan warna darah yang keluar, bisa berupa mrah segar, merah kecoklatan, coklat, bahkan kehitaman.

Beberapa hal yang dapat memperngaruhi siklus menstruasi adalah sebagai berikut:

Terkait dengan keluhan Anda, banyak sekali penyebabnya seperti yang sudah disebutkan di atas. Untuk itu pasikan Anda berusaha untuk menghindari stres, hindari kelelahan, istirahat dengan cukup, perbanyak konsumsi buah-buahan, konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, cukupi kebutuhan cairan harian, serta lakukan olahraga ringan agar badan sehat.

Jika keluhan dirasa tidak membaik, atau disertai dengan nyeri perut hebat segera periksakan diri Anda ke dokter sepesialis kandungan untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG serta agar mendapatkan terapi yang sesuai dengan penyebab keluhan yang Anda rasakan.

Semoga bermanfaat.

Salam sehat.

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Jerawatan merupakan salah satu tanda-tanda haid atau menstruasi.

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Menstruasi adalah siklus alami kaum hawa setiap bulan. Tanda-tanda haid bisa dilihat dari gejalanya seperti berjerawat, kram perut, mood, dan sebagainya.