Siklus menstruasi tidak teratur? Bagaimana cara mengatasinya?

A Info Penanya: A, Wanita, 20 Tahun
Hai dok, saya mau nanya, saya belum menikah, umur saya 20 tahun. Siklus menstruasi saya tidak teratur selalu berkelang misalnya september saya mens oktober tidak november mens desember tidak.Nah pada bulan januari kmrn saya mens namun di bulan februari kmrn tidak, pada bulan maret saya flek-flek banyak sekali dok dengan durasi 1 mnggu dan di bulan april tidak mens. Apakah flek-flek tsb terhitung menstruasi atau tidak dok? bagaimana cara mengatasinya? Mohon penjelasan dan solusinya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang A,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi tidak lancar atau menstruasi tidak teratur merupakan keadaan ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Menstruasi meruapakn proses luruhnya dinding rahim yang disertai dengan perdarahan, biasanya terjadi selama 3-7 hari. Sewajarnya siklus menstruasi terjadi setiap 28-36 hari. Namun tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, bisa lebih pendek atau lebih panjang.

Beberapa penyebab menstruasi tidak teratur adalah pola hidup sehari-hari seperti makan makanan yang tidak sehat, kurang idealnya berat badan, stress, kelelahan, gangguan hormon, penyakit seperti PCOS (Poycistyc Ovary Syndrome) atau kista ovarium, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi menstruasi yang tidak lancar Anda dapat mengatasinya dengan :

  • Mengubah gaya hidup dengan pola hidup sehat
  • Jika Anda mengalami berat badan berlebih atau kurang berat badan sebaiknya turunan atau naikan berat badan Anda menjadi berat badan ideal
  • Hindari dari pikiran-pikiran yang membuat Anda stress

Jika siklus menstruasi tidak kunjung teratur sebaiknya Anda memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu gejala endometriosis adalah dismenore alias rasa nyeri ketika menstruasi

Nyeri Haid Luar Biasa, Bisa Jadi Gejala Endometriosis

Gejala endometriosis biasanya terlihat ketika seseorang merasakan nyeri haid luar biasa. Segera periksakan diri ke dokter karena endometriosis dapat mengganggu kesuburan.