Kenapa siklus haid saya tidak normal?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 19 Tahun
Hallo DokSaya EP, saya wanita usia 19.Saya ingin tanya, mengapa siklus mentruasi saya sangat tidak normal. Awal bulan Januari 2020 saya masih mendapatkan haid, namun masuk bulan februari yang dimana seharusnya/biasanya saya mendapat haid pada pertengahan bulan namun saat itu saya mendapat haid pada awal bulan. Setelah saya selesai haid pada bulan Februari tersebut, memasuki bulan maret saya tidak mendapatkan haid sampai bulan ini(April 2020).Bagaimana ini dokter?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA.

Menstruasi atau haid adalah perdarahan yang keluar melalui liang vagina karena luruhnya dinding rahim saat tidak terjadi implantasi. Tiap wanita memiliki siklus haid yang bervariasi, dimana siklus haid adalah jarak antarhaid yang normalnya berkisar antara 21-35 hari dengan rata-rata 28 hari. Jarak tersebut biasanya teratur setiap bulannya. 

Siklus haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh beberapa hal, di antaranya:

  • Penggunaan kontrasepsi hormonal seperti suntik, pil, atau implan
  • PCOS
  • Gangguan tiroid
  • Berat badan yang naik atau turun secara drastis dalam waktu singkat
  • Pola makan yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi junkfood atau makanan cepat saji

Terkait keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengetahui penyebab pasti dari siklus Anda yang tidak teratur. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan USG dan lainnya yang diperlukan, lalu memberikan penanganan yang sesuai.

Anda juga dapat melakukan beberapa hal agar kondisi hormon tetap seimbang, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, dan kendalikan tingkat stres dengan baik. Selain itu, jaga berat badan agar tetap ada di angka ideal. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ada larangan saat haid yang sebaiknya tidak dilakukan saat menstruasi

10 Larangan Saat Haid yang Sebaiknya Tidak Dilakukan

Sebagian wanita mungkin merasa nyeri, kembung atau lesu ketika menstruasi. Bahkan terdapat berbagai larangan saat haid yang harus diikuti agar tidak memperburuk kondisi tersebut.