Pindah KB apakah membuat siklus haid berantakan?

NI Info Penanya: NI, Wanita
Selamat malam , Dok saya mau tanya , saya haid tgl 10april 2020 tapi sekarang haid lagi 26april 2020 itu kenapa ya, awalnya saya suntik KB yg sebulan terus pindah ke pil KB
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, N.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

KB atau alat kontrasepsi adalah alat yang digunakan oleh banyak kaum wanita untuk mencegah terjadinya kehamilan. KB terdiri dari beberapa jenis dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Jenis-jenis KB, yaitu:

Terkait kondisi Anda ini, pil KB dan KB suntik merupakan jenis KB hormonal dimana kedua KB tersebut mengandung hormon progesteron dan hormon estrogen. Kedua hormon tersebut berperan penting dalam siklus menstruasi wanita. Terkadang, kedua KB ini memiliki efek  samping yaitu mengganggu siklus haid seperti yang Anda alami saat ini. Ini merupakan kondisi akibat penggunaan KB suntik lalu pindah ke pil KB. Sehingga terjadi ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh Anda dan menimbulkan siklus haid menjadi tidak teratur. Ini merupakan hal yang wajar. Jadi, Anda tidak perlu khawatir. Yang penting, Anda tetap rutin mengkonsumsi pil KB sesuai dengan anjuran dari dokter. Dan jika ada efek samping yang lain selain siklus haid yang tidak teratur, Anda bisa konsultasi kembali mengenai pemakaian pil KB ini ke dokter Anda. 

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Alat kontrasepsi kondom dipercaya mampu menghambat risiko penularan vaginosis bakteri.

Penggunaan Alat Kontrasepsi Ini Tingkatkan Risiko Vaginosis Bakteri

Salah satu faktor penyebab dari vaginosis bakterial adalah penggunaan alat kontrasepsi seperti kondom dan pil kontrasepsi. Vaginosis bakteri ini dapat meningkatkan risiko utama keputihan pada wanita yang sedang dalam masa subur.