Apa siklus haid saya normal?

AN* Info Penanya: AN*
Hai dok, bulan februari saya haid tgl 15 bulan maret tgl 25 lalu sekerng blm haid dok, gpp kah siklus telat haid seperti itu?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HND.

Siklus haid pada tiap-tiap wanita bervariasi. Siklus haid yang dikatakan normal adalah jika rentang waktu dari haid ke haid selanjutnya berkisar antara 21-35 hari. Rata-rata wanita memiliki siklus 28 hari. Siklus haid sangat penting untuk diketahui apabila Anda ingin merencanakan atau menunda kehamilan, karena masa subur berpengaruh dengan lama siklus Anda.

Terkait kondisi Anda, apabila tanggal 15 Februari Anda haid, kemudian 25 Maret, berarti siklus Anda lebih dari 35 hari, ya. Hal ini tidak bisa dikatakan normal. Ada berbagai penyebab siklus haid yang memanjang, misalnya pemakaian kontrasepsi hormonal, PCOS, gangguan tiroid, stres, ataupun pola makan yang tidak teratur.

Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk melakukan pemeriksaan seperti USG. Selain itu, selalu lakukan pola hidup sehat agar hormon seimbang dan haid menjadi teratur, yaitu mengonsumsi makanan bergizi, minum air putih yang cukup, rutin berolahraga, mengendalikan tingkat stres, dan tidak begadang.

Terima kasih, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pembalut kain memiliki keunggulan dibandingkan pembalut sekali pakai

Pembalut Kain, Alternatif Sehat Kala Datang Bulan

Pembalut kain memiliki keunggulan maupun kelemahan dibanding pembalut sekali pakai. Keunggulan tersebut berupa lebih sehat, ramah lingkungan, dan tahan lebih lama.