Apa penyebab haid tidak teratur?

LM Info Penanya: LM, Wanita, 19 Tahun
Permisi dok, saya lia maryana umur saya 19tahun mau nanya kenapa yaa sekarang semenjak dioprasi usus buntu menstruasi saya jadi ga beraturan.. kadang dapet sebulan nyampe 2kali kadang juga 2bulan ga dapet menstruasi . Makasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, LM.

Pada usia remaja, seorang wanita akan mengalami perubahan bentuk tubuh dan menstruasi pertamanya. Menstruasi akan berulang sepanjang usia subur, sampai pada saatnya menopause tiba. Usia 19 tahun termasuk ke dalam usia subur seorang wanita, oleh karena itu, seharusnya Anda mengalami haid yang teratur.

Haid disebut teratur apabila memiliki siklus yang sama setiap bulannya, atau jika berbeda tidak terlampau jauh. Siklus haid adalah jarak antar haid, yang biasanya berkisar antara 21-35 hari dengan rata-rata 28 hari. Setiap haid, perdarahan akan berlangsung sekitar 3-8 hari dengan volume 15-90 ml.

Terkait keluhan Anda, haid yang Anda alami termasuk tidak teratur. Haid yang tidak teratur bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti penggunaan kontrasepsi hormonal, gangguan tiroid, penyakit pada rahim seperti PCOS, stres, atau pola makan yang tidak normal. Sedangkan untuk operasi usus buntu, sampai sejauh ini belum ada penelitian yang mengatakan berhubungan dengan siklus haid. 

Anda dapat mencoba melakukan hal-hal berikut agar hormon selalu seimbang dan haid teratur:

  • Mengonsumsi makanan bergizi, penuhi kebutuhan vitamin, mineral, dan protein
  • Minum air putih yang cukup
  • Rutin berolahraga
  • Mengendalikan tingkat stres dengan meditasi atau yoga
  • Tidur teratur dan tidak begadang

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk informasi lebih lanjut. Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Letak usus buntu berada di bagian perut sebelah kanan

Tips Mengetahui Letak Usus Buntu dan Gejala-Gejala Penyakitnya

Penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu atau apendiks. Letak usus buntu berada kurang lebih 2,5 cm di bawah katup ileusekum, posisi organ ini terletak di bagian perut sebelah kanan, tepat di garis lurus antara pusar dan tulang panggul.