Seperti apa darah menstruasi yang normal?

FA Info Penanya: FA, Wanita, 1 Tahun
Dok saya mau tanya saya itu baru saja mengalami menstruasi tetapi pada hari ke3 darah saya sedikik lalu banyak apakah saya akan mengalami menstruasi 7 hari / 5 hari ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, FA.

Menstruasi atau haid adalah hal yang dialami oleh wanita usia subur secara teratur. Menstruasi terjadi pertama kali pada masa remaja, kemudian akan berulang dalam siklus yang bervariasi antarwanita sampai menopause tiba. Siklus menstruasi yang normal adalah 21-35 hari, di mana rata-rata wanita mengalami siklus 28 hari.

Setiap kali menstruasi, seorang wanita akan mengeluarkan darah sekitar 15 sampai 90 ml. Darah yang keluar pertama-tama biasanya berbentuk flek atau bercak darah, dilanjutkan dengan darah yang mengalir cukup deras (kadang disertai gumpalan), dan kembali berbentuk flek saat hari-hari terakhir menstruasi. Lama menstruasi berkisar antara 3-8 hari, bervariasi setiap wanita.

Anda dapat mencatat tanggal datang menstruasi Anda untuk mengetahui siklus dan lamanya menstruasi Anda. Biasanya hal ini tidak berbeda jauh setiap siklusnya. Hal ini juga penting ketika nantinya Anda ingin merencanakan atau menunda kehamilan, dengan mengetahui masa subur Anda. Anda juga dapat berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk informasi lebih lanjut.

Terima kasih atas pertanyaannya, semoga informasi yang disampaikan bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.