Menstruasi terlambat kenapa ya dok?

DK Info Penanya: DK, Wanita, 21 Tahun
Selamat pagi dok saya mau tanya,Sudah lebih dari 35 hari pada hitungan siklus haid,saya belum haid,kira2 kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DK,

Terlambat menstruasi adalah salah satu keluhan yang sering dialami wanita, dimana terjadi ketika menstruasi tidak kunjung tiba lebih dari siklus biasanya. Siklusnya sendiri normalnya adalah timbul setiap 21 hari sampai 35 hari sekali.

Penyebab terlambat menstruasi.

Penyebab terlambat menstruasi sendiri seringnya disalah artikan hanya karena kehamilan, padahal ada beragam penyebab menstruasi terlambat seperti:

  • Gangguan organ reproduksi
  • Masalah terkait kondisi hormonal
  • Stres fisik dan mental
  • Kelelahan
  • Pola hidup yang kurang baik
  • Kondisi kesehatan lain seperti adanya gangguan tiroid
  • Penggunaan kontrasepsi

Apabila sebelumnya ada riwayat melakukan hubungan seksual terlebih tanpa pelindung atau tanpa kontrasepsi maka bisa melakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan alat testpack. Tapi jika tidak ada riwayat hubungan seksual maka perlu melakukan beberapa perubahan pola hidup untuk memperbaiki siklus menstruasi. 

Bisa mulai dari perbaiki waktu istirahat, cukup tidur, kelola stres dengan baik, perbaiki pola makan dan asupan makanan harus bernutrisi serta rutin berolahraga. Bisa juga konsumsi bahan alami untuk melancarkan haid seperti jahe, kunyit, cuka apel, kayu manis atau nanas. 

Jika sampai 90 hari masih belum terjadi perdarahan menstruasi maka perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk dipastikan penyebabnya dan dilakukan penanganan lanjutan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.