Apakah kontrasepsi alami bisa menunda kehamilan?

BZ Info Penanya: BZ, Wanita, 1826 Tahun
Dokter saya ingin bertanya. Saya berhubunagn sama suami saya, tapi dia ejakulasi diluar apakah aman untuk menunda kehamilan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, BZ.

Menunda kehamilan adalah suatu hal wajar yang dilakukan oleh pasangan suami istri, dengan alasan tertentu. Pada saat memutuskan untuk menunda kehamilan, maka pasutri akan berdiskusi metode kontrasepsi apakah yang cocok. Ada dua metode kontrasepsi yang umum dikenal, yaitu alami dan buatan.

Kontrasepsi Alami

Cara berhubungan seksual yang Anda lakukan termasuk ke dalam kontrasepsi alami. Berikut kontrasepsi alami yang umum dilakukan oleh pasutri:

1. Menghitung masa subur dengan kalender

Masa subur wanita biasanya pada umumnya biasanya 12-18 hari setelah hari pertama menstruasi. Pasangan dengan metode kontrasepsi ini biasanya menghindari berhubungan seksual pada masa subur.

2. Menghitung masa subur dengan lendir serviks

Pada saat masa subur, biasanya lendir serviks akan cair dan sangat licin. 

3. Ejakulasi di luar vagina (coitus interruptus)

Metode ini tetap melakukan penetrasi, namun pada saat akan ejakulasi, penis akan ditarik keluar dari liang vagina. Namun, harus berhati-hati, karena cairan pre-ejakulasi juga mengandung sperma dengan jumlah yang sedikit.

Metode kontrasepsi alami memiliki tingkat kegagalan yang cukup tinggi, yaitu 24%. Anda dapat menggunakan kontrasepsi buatan hormonal seperti pil, suntik, atau implan; atau non-hormonal seperti kondom dan IUD sebagai alternatif. Berkonsultasilah kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda untuk menentukan metode yang cocok.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda di SehatQ, semoga bermanfaat.

Salam sehat,
dr Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Morning after pill bukanlah obat aborsi. Cara kerjanya juga sangat jauh berbeda.

Morning After Pill, Pil Kontrasepsi "Darurat" untuk Suami-Istri

Levonorgestrel, atau yang sering disebut morning after pill, dianggap sebagai pil kontrasepsi “darurat”, yang hanya boleh diminum setelah berhubungan seksual tanpa pengaman. Pil ini tidak boleh rutin dikonsumsi.