Apa tanda-tanda kehamilan?

AP Info Penanya: AP
Jadwal haid sya hrusnya tgl 4bulan ini tpi haid sya maju di tgl 31januari. Haid yang keluar banyak tetapi berwarna hitam dan hanya berlangsung dua hari. Di hari ketiga dan keempat hanya keluar bercak berwarna merah setetes dua tetes, di hari kelimanya kluar lagi berwarna cokelat tpi lumayan banyak bukan hanya bercak. Sebelumnya di tgal 26januari saya HB dengan suami saya, apakah ini tanda kehamilan atau haid saya bermaslaah. Terimaksih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi AP,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Gejala kehamilan akan dimulai saat seorang wanita terlambat haid, pada umumnya gejala-gejala kehamilan payudara mulai bengkak dan sensitif saat disentuh, mual dengan atau tanpa muntah, sakit pinggang bagian bawah, sering buang air kecil, sensitif bau, ada juga yang mengalami sembelit.

Perdarahan implantasi merupakan keluarnya bercak darah dari vagina pada masa kemhamilan, perdarahan implantasi berbeda dengan darah menstruasi, pada darah implantasi memiliki warna yang berbeda warnanya merah muda atau kecoklatan, tidak menggumpal dan jumlah darah yang dikeluarkan lebih sedikit, perdarahan memiliki waktu yang lebih pendek, misal keluar saat pagi kemudian keluar lagi saat malamnya, tidak seperti perdarahan menstruasi yang memiliki siklus yang lebih panjang.

Jika Anda mengalami gejala seperti diatas, namun Anda ragu sedang hamil atau tidak, sebaiknya Anda melakukan testpack untuk memastikannya, dan jika Anda sudah mengetahui Anda sebaiknya di lakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG ke dokter kandungan.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menstruasi yang terlambat bisa jadi tanda awal kehamilan

Terlambat Menstruasi? Bisa Jadi Ciri-Ciri Kehamilan

Bagi perempuan yang sedang menanti kehamilan, beberapa perubahan dalam tubuh pasti jadi momen yang ditunggu-tunggu. Ciri-ciri kehamilan bisa beragam, ini dia yang paling umum terjadi.