Kenapa Haid Saya Jumlahnya Sedikit?

SB Info Penanya: SB
Halo dok..saya mau tanya 1 hari yang lalu saya haid dok deras sekali,karena saya lagi flu,batuk dan demam keesokanx saya minum obat dexamethasone,rama flu dan miratrim dari dokter..setelah saya minum darah haid saya jadi keluar sedikit..apakah obat tersebut berpengaruh terhadap darah haid yang keluar,apakah bahaya minum obat selama haid,dan apakah darah haid yg sebelumnya keluar lbh bnyak kemudian sedikit di hari ke 2 dan ke 3 berdampak negatif trhadap rahim?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat Siang SB,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Menstruasi setiap orang berbeda-beda dari lama hingga volume darah yang terjadi, Siklus menstruasi normal rata-rata berlangsung 28 hari, tapi beberapa wanita memiliki siklus selaa 21-35 hari. Untuk lama menstruasinya sendiri biasanya berlangsung 3 sampai 7 hari.

Yang mempengaruhi jumlah darah yang keluar dalam haid adalah hormon esterogen. Hormon esterogen berfungsi untuk membentuk lapisan endometrium yang akan luruh dalam bentuk darah menstuasi bila tidak terjadi pembuahan. ketika tubuh tidak mampu memproduksi hormon esterogen dalam jumlah yang memadai, maka lapisan endometrium yang terbentuk pun tipis, sehingga darah menstruasi yang di hasilkan tubuh sedikit.

Obat yang Anda konsumsi tidak berpengaruh Anda minum dalam kondsi menstruasi. Semua jenis obat cenderung aman di konsumsi ketika Anda menstruasi berbeda ketika Anda hamil atau menyusui makan anda perlu berhati-hati dalam menggunakan obat tertentu. Jika keluhan tidak membaik atau ada lain jangan ragu untuk berkonsultasi lebih lanjut ke Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Yoga dapat menyeimbangkan kondisi hormon sehingga gangguan haid bisa teratasi

Lakukan 7 Cara Ampuh Mengatasi Haid Tidak Lancar Ini

Gangguan menstruasi adalah gangguan yang terjadi akibat ketidakseimbangan kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh. Beberapa cara mengatasi haid tidak lancar, antara lain olahraga, yoga, dan mengonsumsi vitamin D.