Kenapa menstruasi banyak dan tidak teratur?

GG Info Penanya: GG, Wanita, 16 Tahun
dok saya kalau mens itu sangat banyak dan tidak teratur. kalau kecapean pasti men. dan itu lumayan lama dokk bagaimana ittu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang GG,

Menstruasi yang banyak disebut dengan menorrhagia, kondisi ini bisa ditandai dengan perdarahan lebih dari 7 hari, perlu mengganti pembalut lebih sering, hingga ditandai dengan adanya keluhan kurang darah. Untuk itu ada baiknya diperiksakan jika timbul menstruasi disertai gejala demikian.

Penyebab menorrhagia sendiri bisa beragam, seperti gangguan organ reproduksi seperti endometriosis, adanya tumor jinak di organ reproduksi, gangguan hormonal, adanya polip atau jaringan lunak yang mudah berdarah, efek samping KB, efek samping obat ataupun penyebab lainnya.

Nantinya perlu dilakukan pemeriksaan baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan tambahan seperti lab darah, USG ataupun pemeriksaan lainnya yang diperlukan. Jika ada gangguan hormonal, dokter juga akan memberikan obat hormonal dan obat non hormonal untuk menghentikan perdarahan. Untuk itu segera periksakan diri pada dokter ataupun dokter spesialis kandungan dan kebidanan ya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Stres dan berat badan yang tidak normal dapat menyebabkan siklus menstruasi tidak lancar

Siklus Menstruasi Tidak Teratur? 6 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Wanita pasti akan mengalami siklus menstruasi sebulan sekali. Siklus menstruasi adalah sesuatu yang alamiah dan normal, tetapi terkadang terdapat masalah pada siklus menstruasi. Stres dan berat badan yang tidak normal adalah beberapa pemicu dari menstruasi yang tidak lancar.