12 Oct 2020, 02:13Kandungan

Bagaimana mengetahui menstruasi perempuan?

AN*
Info Penanya: AN*, Pria, 20 Tahun
Dok,Saya mau bertanya. apa kah dokter bisa memprediksi atau memeriksa kapan seorang perempuan itu Terakhir HAID ??. Ya kalau contoh nya perempuan itu lupa atau berbohong. apakah Dokter bisa memeriksa nya dia HAID atau tidak dan kapan dia HAID ??
254 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, JTerima kasih atas pertanyaan AndaMenstruasi adalah proses keluarnya darah melalui vagina yang terjadi secara rutin pada wanita sejak masa pubertas hingga berhenti pada masa menopause. Terjadinya proses menstruasi salah satunya disebabkan oleh peran hormon-hormon pada tubuh wanita.

Adapun hormon-hormon yang bereperan pada siklus menstruasi wanita di antaranya adalah:

  • Folicle Stimulating hormone (FSH), hormon ini salah satunya berfungsi untuk membantu pembentukan sel telur di ovarium
  • Luteinizing hormone (LH), hormon ini membanyu pelepasan sel telur yangs udah matang
  • Esterogen, hormon ini berfungsi untuk perkembangan seksual ketika masa pubertas, membantu mengendalikan pertumbuhan dinding rahim saat mensrtuasi dan kehamilan awal
  • Progesteron, hormon ini berfungsi mengendalikan siklus menstruasi serta mempersiapkan tubuhs eorang wanita untuk siap hamil
Karena adanya peran beberapa hormon yang disebutkan di atas, dapat terjadi beberapa fase di dalam organ reproduksi wanita untuk terjadi proses menstruasi.

Adapun proses menstruasi melewati fase berikut ini:

  • Fase folikular
  • Fase ovulasi
  • Fase fase luteal
  • Fase menstruasi
Fase-fase tersebut terus terjadi dari setiap bulan sebagai pada tubuh seorang wanita. Terkait dengan pertanyaan Anda, untuk mengetahui kapan wanita diprediksikan akan menstruasi, bisa dilakukan pemeriksaan USG transvaginal oleh dokter spesialis kandungan terdekat. Namun, pemeriksaan tersebut hanya bisa memperkirakan, bukan memastikan tanggal pastinya. Hal ini dikarenakan setiap wanita mempunyai kondisi tubuh yang berbeda-beda.Semoga bermanfat. Salam sehat, dr. Dwiana A.
siklus haidmenstruasihormon progesteron
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil